Senin, 19 Oktober 2015

Just Sharing Today - Bumbu Perencah Asam Pedas Ikan Mak Nyonya

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Waktu mami pergi ke Malaysia beberapa bulan lalu, selain membawa oleh oleh juga membawa 3 bumbu masakan. Bumbu masakannya itu perencah asam pedas ikan, kari ayam dan rendang. Dan semua bumbu itu merknya Mak Nyonya. Setelah beberapa lama terlupakan itu bumbu, akhirnya saya mencobanya juga. Yang pertama saya coba adalah perencah asam pedas ikan, karena kebetulan baru beli ikan kembung, hehehe.

Untuk pembuatannya gampang kok, tinggal ikuti aja instruksinya di belakang kemasan, hahaha. Intinya sih semua bumbu perencah di campur dengan ikan terus di kukus. Ada juga cara satunya, yaitu ikan di goreng dengan bumbu perencah ini, baru setelah itu di kasih air. Kayak nyemek nyemek gitu deh. Setelah berunding sama mami, kami pakai cara pertama alias ikannya di kukus dengan bumbu ini.


Setelah bumbunya di buka, kesan pertama saya adalah ada bau pasta tomat. Karena saya lama tinggal di Riau-Sumatra, bau seperti ini tidak aneh bagi saya. Yaaah... makanan Malaysia kan gampang di temukan di Riau, dekat sih soalnya. Saya toel dikit bumbunya, hehehehe, ada sedikit rasa cabe, tapi yang tidak begitu pedas. Terus baca komposisi bahannya, ada asam jawa, chili, garam, gula, bawang, serai, perisa dan minyak sawit. Lho terus bau pasta tomat dari mana ya? Hmmmm mungkin dari perisa nya ya? Btw perisa itu seperti penambah rasa kalau di kita.

Nah, hal pertama yang saya lakukan adalah, membersihkan ikan, mengeratnya di beberapa bagian. Terus kucuri jeruk nipis dan garam, diamkan sejenak, terus cuci lagi. setelah itu di wadah tahan panas, saya susun sebagian bumbunya, taruh ikan di atasnya, dan tuangkan sisa bumbu perencah asam pedas ikannya. Terus kukus 20 menit deh....

Setelah 20 menit, udah matang tuh, saya liat, bumbunya seperti mengental dan berbau wangi. Bau tomatnya kerasa banget lho di banding bau cabenya. Ow iya lupa, tadi pas di kukus, saya juga tambahkan sedikit daun kemangi, jadi makin harum deh. Yak saatnya cicip cicip. Untuk rasa lumayan, rasa pedas sih ga terasa di saya. Rasa asam, sediiiikit ada, cuma ya itu bagi saya dominan rasa tomat, hehehe. Intinya lumayan bumbu ini, ga ada pedasnya tapi asamnya terasa, terus bumbunya terlalu sedikit kalau menurut saya, hehehe. Yak sekian dulu sharing saya berbagi pengalaman bumbu perencah asam pedas ikan Mak Nyonya dari Malaysia. Nantikan review bumbu selanjutnya, hehehehe.......ceee uuuuu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar