Rabu, 28 Oktober 2015

Daging Masak Pedas

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....



Masakan ini saya buat sudah lama sih. Ini adalah daging kurban yang pertama kali saya masak. Walaupun daging sapi kurban punya saya dan mami sudah di bagikan ke saudara dan asisten rumah tangga, tetap saja masih banyak di kulkas. Berhubung waktu itu mami masih sakit, jadi masakan ini khusus buat saya, hahahaha.

Yang mengerti selera saya pasti tahu, saya doyan banget pedas, makanya begitu mami bilang masak saja itu daging, langsung cuuuuus ngulek sambel. Terus sreng sreng sreng, sibuk di dapur sendiri, tambah ini itu, jadi deh daging masak pedas. Rasa cabe yang berpadu dengan asem dan gurihnya perpaduan garam dan gula, sukses membuat saya tambah nasi 2x, hehehehe. Untuk bumbunya saya kreasiin saja sendiri. Masak itu berani bumbu dan eksperimen lhoooo. Yuk semua, hobi main ke dapur.... happy cooking.


Daging Masak Pedas

Bahan
250gr daging sapi
Parutan nanas untuk merendam daging
Air secukupnya untuk merebus

Cara membuat
Rendam daging dalam parutan nanas selama 30menit, kemudian rebus daging hingga empuk
Apabila sudah empuk, iris daging tipis melebar, kemudian pipihkan (saya pakai pemukul cobek)

Bumbu untuk daging
5 siung bawang putih
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2-3 sdm ketumbar bubuk
Air secukupnya untuk merendam
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Giling bawang putih dan garam sampai halus, campurkan dengan ketumbar bubuk dan air, aduk rata
Rendam daging yang sudah di pipihkan tadi ke dalam campuran ini selama 30menit-1jam
Setelah itu goreng daging sampai matang, tapi jangan terlalu kering ya

Bumbu sambal cabe
3 siung bawang merah, iris tipis
11 buah cabe merah keriting
9 buah cabe rawit merah
6 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 lembar daun jeruk purut, sobek sobek
2 sdm air asam jawa
Air sedikit saja
Garam dan gula secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat
Giling kasar cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, sisihkan
Panaskan minyak untuk menumis, tumis bawang merah iris terlebih dahulu sampai harum
Masukkan bumbu ulek kasar, aduk. Tambahkan air, daun jeruk perut dan air asam jawa, aduk rata
Tambahkan garam dan gula, jangan lupa tes rasa. Apabila sudah pas, masukkan daging yang sudah di goreng tadi. Masak sampai bumbu cabe meresap ke daging. Angkat, hidangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar