Jumat, 09 Oktober 2015

Nuget Ayam Wortel

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Suka dengan nuget? Saya sih suka saja, karena nuget merupakan makanan siap saji yang praktis kalau saya malas masak, hehehe. Tapi pasti semua setuju dengan pendapat saya. Rasanya yang gurih dan enak (apalagi di cocol saus sambal), membuat makan dengan nasi putih saja sudah cukup, tanpa perlu di tambahi sayur-itu kalau saya ya.

Nah, waktu saya terdampar di blog mba Endang justtryandtaste, saya langsung tertarik dengan artikel nuget ayam dengan wortel homemade. Kalau nuget bisa di buat sendiri, mending buat, selain bisa makan sepuasnya, tentu lebih sehat karena kita yang mengatur kadar garam dan bahannya. Tumben pikiran saya bijak ya, hehehe. Dengan pikiran seperti itu, akhirnya saya berniat untuk membuat nuget ayam homemade.

Kalau mau jujur, ini nuget sudah sering saya buat, tapi baru sekarang saya posting, dengan alasaaaaaan.... biasaaaaa.... alias saya lagi malas ngetik, hahaha. Mumpung saya lagi rajin, makanya saya ketik nih resep. Untuk postingan selanjutnya.... yah liat nantilah.... hahaha. Oke deh, langsung kita lihat saja resepnya di bawah ini. Untuk rasa? Wow uenak pakai banget. Sampai mami dan keponakan saya habis memakan nuget ini, padahal jadinya banyak lho..... Must try to make it

Nuget Ayam Wortel
Sumber : justtryandtaste

Bahan
500gr ayam giling
1 buah wortel, serut
1 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 butir telur
2 sdm tepung maizena
4 sdm tepung panir
5 sdm mayones
Garam, gula, merica dan kaldu ayam secukupnya

Paniran
2 butir telur kocok lepas
Tepung panir secukupnya

Cara membuat
Campur jadi satu ayam giling, bawang bombay, bawang putih, wortel, tepung maizena, tepung panir, telur dan mayones, aduk rata
Tambahkan garam, gula, merica dan kaldu bubuk ayam, aduk rata
Tuang adonan nuget ke loyang yang sudah di alasi dengan plastik tahan panas, ratakan. Kukus adonan nuget selama 25-30 menit hingga benar benar matang


Keluarkan adonan nuget dari kukusan, dan tunggu hingga benar benar dingin baru di potong sesuai selera
Gulingkan nuget ke kocokan telur, baru lumuri permukaanya dengan tepung panir. Hal ini bisa di lakukan sebanyak 2x, sehingga nuget terlihat lebih tebal, hehehe
Susun nuget yang sudah di lumuri tepung panir ke loyang kue kering (jangan bertumpuk ya), masukkan ke dalam freezer minimal 1 jam


Keluarkan nuget dari freezer, diamkan sebentar hingga suhu ruang, dan goreng sampai kuning kecoklatan
Kalau masih ada nuget yang belum di goreng, bisa di simpan di wadah kedap udara (ini bisa di tumpuk), dan simpan di freezer. Nanti bisa di goreng sewaktu waktu. Nuget yang di simpan di freezer bisa tahan 1 bulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar