Kamis, 15 Oktober 2015

Bakwan

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Jenis gorengan sepanjang masa yang paling di nikmati. Banyak penyebutannya... ada yang bilang bakwan, ada yang bilang bala bala, ada juga yang bilang ote ote. Tapi ciri khas dari gorengan ini adalah adanya udang di tengah jajanan ini. Cara makannya? Ada yang pakai cabe rawit, ada yang pake saus sambel, dan ada juga yang pakai sambal kacang atau petis. Wuuuiiih Indonesia memang hebat ya dalam hal jajanan.

Saya menemukan resep ini seperti biasa di FB NCC, grup tempat saya bergabung. Langsung saya praktek, dan hasiiiiilnya..... punya saya gendut dan tebel banget, kayaknya kurang air. Padahal air di resep sudah saya tambah lho. Yah, lain kali bisa lebih baik lagi. Soal rasa sih enak banget plus empuk, mungkin karena ada penambahan baking powder. Ow iya, saya tidak pakai udang, karena memang di rumah saya jarang makan udang, hehehe. Tapi tetap mak nyus lho. Yang mau resepnya, ini silakaaaan.....

Bakwan
Sumber : Ainul Khotimah (NCC Fb)
Dari : Sajian Sedap

Bahan
150gr tepung terigu
25gr tepung beras
¼ sdt baking powder
150gr wortel, iris korek api tipis
75gr taoge, siangi
125ml air (saya tambah lagi airnya karena adonan kental banget – dikira kira saja airnya)
1 butir telur
2 tangkai daun seledri, iris halus
1 batang daun bawang, iris halus
75gr udang api api, buang sungut dan kakinya (saya ga pakai)

Bumbu halus
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1sdt ketumbar
1 ¼ sdt garam
1 ¼ sdt merica
½ sdt gula

Cara membuat
Aduk rata tepung terigu, tepung beras, baking powder, bumbu halus, dan air. Masukkan telur, wortel, taoge, daun seledri dan daun bawang, aduk rata kembali
Panaskan sendok sayur di dalam minyak goreng yang sudah di panaskan. Angkat sendok sayur, tuang adonan bakwan, letakkan udang di atasnya. Celupkan lagi ke dalam minyak goreng
Goreng sampai setengah matang, keluarkan dari sendok sayur. Goreng sampai matang

PS : maaf fotonya jelek, hehehehe ^_^b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar