Kamis, 27 November 2014

Blackforest Cake Pertamaku

Ketika melihat foto ini saya jadi tertawa sendiri. Maklum ini foto ketika saya pengen banget bisa buat balckforest, tapi saya ga bisa menghias. Daripada keingatan terus dan penasaran gimana sih cara buatnya akhirnya langsung eksekusi aja. Padahal bahan bahannya di rumah ga ada alias minimalis. Cuma tahunya blackforest itu cake coklat di kasih krim dan di kasih cherry, pakemnya gitu kan? Eh setelah tau dari internet, blackforest itu ada yang di kasih rhum, ada pakai dark cherry, ada yang pake hiasan coklat, dll, jadi bingung, hahahaha.

Tapi ada pencerahan setelah membaca beberapa blog, untuk blackforest ekonomis, itu bisa saja pakai cake coklat yang di lapisi simple syrup dan di olesi selai strawberry, dan di hiasi krim dan coklat serut, dan tentu aja harus ada cherry. Mambaca itu sayapun mengangguk angguk kepala, hahaha. Kayak anak kecil waktu itu, ya sudah pakai itu saja, namanya juga baru belajar, dan juga untuk konsumsi pribadi *wink*. Mulailah bergelut di dapur.

Untuk cake coklatnya saya tetap memakai sponge cake coklat dari NCC, yaitu dari mba Fatmah Bahalwan, untuk selai pakai selai strawberry paletta, coklat serut pake coklat batang colatta, hasil beli di supermarket terdekat, hehehe. Krim pakai merk Haan, dan cherry beli cherry juga di supermarket, makanya ga ada tangkainya, kalau mau yang ada tangkai harus ke pasar. Secara ini kan blackforest ekonomis, jadi yang ada aja di rumah bahannya, alasan.com.

SPONGE CAKE COKLAT 8 TELUR
by Fatmah Bahalwan

 
8 bt telur (ukuran sedang)
60 gr coklat bubuk
40 gr maizena
100 gr terigu protein rendah/sedang
1 sdm emulsifier (=15 gr)
100 gr mentega, lelehkan (saya pakai margarin blue band)
200 gr gula pasir
1/4 sdt vanili
 
Cara membuat:
1. Campur terigu, coklat bubuk, vanili dan maizena, aduk rata
2. Kocok telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental
3. Masukkan campuran tepung sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Masukkan mentega leleh, aduk rata
4. Tuang dalam loyang. Oven dengan suhu 180'C hingga matang (saya pakai loyang bulat 20cm)

Untuk olesan
Simple syrup (100gr air + 100gr gula di rebus)
Selai strawberry paletta

Krim
200gr krim bubuk + 400ml air es

Hiasan
Coklat batang yang di bentuk wafer dan di patahkan
Coklat serut untuk taburan

Penyelesaian :
Karena saya pakai 3 loyang bulat diameter 20cm, jadi saya tidak membelah cake
Setiap cake saya olesi simple syrup, dan di olesi selai strawberry, kemudian saling di tumpukkan
Setelah itu semuanya saya oles dengan krim (masih belepotan), kemudian saya buat swirl di atasnya dan saya taruh beberapa cherry
Untuk atasnya saya parut coklat batang, dan saya awur awurkan di atasnya, hahaha
Untuk sekeliling cake, saya patahkan cetakan coklat yang saya bentuk wafer dan susun di sekelilingnya

Taraaaaa. Blackforest ekonomis siap di santap. Wuih ga kalah kok rasanya sama yang beli di toko, sedangkan kalau di toko pakai rhum (saya muslim, jadi no rhum), dan di toko hiasannya cantik, saya still belepotan, tapi overall hampir sama kok rasanya, hehehe. Akhirnya berhasil juga buat blackforest walaupun minimalis buanget... yang penting sudah mencoba. Happy baking....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar