Selasa, 25 November 2014

My First Roti

Seumur umur saya masak dan buat cake, belum pernah buat roti sedikitpun. Kalau membuat donat sih pernah, dari donat biasa sampai donat kentang, cuma pas buat donat lupa untuk di dokumentasikan, maklum waktu itu belum ada niat untuk ngeblog. Back to roti.... waktu itu ada teman nantang, bisa ga buat roti? Masak buat cake aja bisa, buat roti belum pernah. Wah nyesek tuh dengernya. Mana di jatuh tempo lagi, telepon hari Selasa, nyetor ke dia hari Rabu, bla bla bla. Ini mah pemaksaan, hahahaha.

Mulai cari di internet, wah banyak banget. Cari yang ekonomis dan ga pake telur – mami tidak boleh terlalu sering makan telur soalnya -. Akhirnya dapat juga itu resep, tapi maaf saya lupa dapat resepnya di mana. Jadi bagi yang merasa ini resep punyanya, mohon maaf saya ijin pakai di blog saya, terimakasih.

Roti
Source : lupa (hahaha)

Bahan :
400 gr tepung protein tinggi
100 gr tepung protein sedang
2sdt ragi instan
50 gr gula pasir
25gr susu bubuk
50gr margarin (harusnya margarin putih – saya pakai yang kuning)
1sdt garam halus
300ml air hangat
Putih telur utk olesan (saya ga pakai)

Cara membuat :
Campur terigu, ragi, gula dan susu bubuk sampai rata
Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil di mixer hingga kalis (saya pakai sendok kayu)
Masukkan margarin dan garam,mixer sampai elastis (saya pakai tangan ngulennya– cuci bersih dulu ya tangannya)
Fermentasikan adonan selama 30 menit dengan di tutup serbet lembap
Kempeskan adonan, giling adonan berbentuk persegi, gulung. Ulangi lagi beberapa kali
Letakkan di loyang roti tawar yang sudah di oles margarin dan di alasi kertas roti. Diamkan sampai mengembang 2x lipat (saya pakai loyang 26x10x10)
Oven selama 35-40 menit dengan suhu 190C

Karena baru percobaan saya hanya buat ½ resep, dan jadinya sesuai di foto atas. Buatnya siang hari dan begitu matang, sore hari langsung antar ke teman saya itu. Beuh langsung ludes sama anaknya, manis, enak, gitu katanya, hahahaha. Bahkan teman saya itu kebagian dikit cicipnya, huuuu, makanya jangan maksa, jadinya bukan rejekinya kan? Hahahaha. Just kidding. Overall saya puas sama resep ini, empuk dan manisnya pas. Bisa di kreasiin kayaknya (belum coba). Cuma ya bentuknya belum sesuai kehendak saya, karena seperti biasa tangan saya ga lentur, plus saya orangnya ga sabaran pengen cepet selesai – alias malas ngulen, hehehe. Resep roti ini layak di coba.... Happy baking....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar