Jumat, 28 November 2014

Steamed Chocolate Cake for Naila’s Birthday


Teman saya pas saya dulu kerja di Telkomsel menghubungi saya. Katanya pengen coba cake buatan saya, yang standar saja katanya. Intinya di sesuaikan dengan bujet dialah. Oke deh kata saya, apa sih yang engga buat temen. Requestnya cake coklat dan dekornya ga usah macam macam. Hmmm karena di sesuaikan dengan bujet ya saya juga harus berpikir dong, karena saya kan juga harus ambil untung walaupun sedikit.

Kemudian saya ingat dengan cake ultah yang dulu pernah saya buat untuk kakak cowok ya. Steamed chocolate cake, wah itu kan cake coklat banget, terus bahan dan cara membuatnya mudah *wink*. Tinggal siram ganache hias krim dan buah strawberry kayaknya oke menurut saya. Akhirnya saya putuskan itu saja cakenya. Untuk resepnya sebelumnya sudah pernah di tulis, tapi nanti saya tuliskan lagi.

Alhamdulillah teman saya itu berkenan, karena walaupun minimalis tapi rasanya enak, coklat banget katanya. Cakenya malah habis di makan sama teman teman anaknya, yah namanya juga anak kecil masih umur 3 tahun lagi. Jujur aja untuk dekor saya mati ide, karena ga tau kenapa pas pagi itu blank pikiran saya. Untungnya ada wafer astor penyelamat saya untuk mendekor, hehehehe. Oke cekidot resepnya.

Steamed Chocolate Cake
Source : Hesti Kitchen

Bahan :
180gr butter (saya pakai margarin blue band)
200gr gula castor (saya pakai gulaku warna hijau)
100gr tepung terigu protein sedang
200gr susu evaporated
2 butir telur kocok lepas
50gr coklat bubuk
½ sdt BP (saya pakai double acting)
½ sdt soda kue
1 buah vanili bean (saya pakai ½ sdt vanili bubuk)
Selai blueberry untuk filling (saya tidak pakai)

Cara membuat :
Campur dalam panci susu evaporasi, butter, gula dan vanili. Panaskan kompor, aduk sampai meleleh. Matikan api, angkat dan sisihkan sampai hangat
Masukkan telur, aduk rata dengan ballon whisk
Masukkan bahan tepung yang sudah di ayak, aduk rata
Tuang dalam loyang bulat diameter 20cm, yang sudah di alasi kertas roti dan di oles butter. Tutup dengan alumunium foil. Kukus selama 45menit

Ganache siram
50ml whipped cream bubuk + 100ml air matang
100gr DCC (dark cooking coklat)
Cara membuat : semua di tim sampai mencair, aduk hingga kental

Hiasan :
Coklat wafer astor
Whipped cream
Strawberry

So simple ya cakenya, tapi percayalah rasanya uenak. Saya aja menjadikan ini resep andalan kalo kepepet mau buat kue ultah. Cakenya nyoklat dan moist, ciri khas kue tipe di kukus. By the way, ini cake ultah pesenan pertama saya di luar pesenan saudara, jadi agak deg degan sebenarnya. Alhamdulillah berjalan lancar. Happy bakiiiing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar