Jumat, 14 November 2014

Kue Sus


Lagi pengen makan kue sus, jadi mari kita buat. Dan ini ku buat untuk mami juga, karena mami penggemar kue sus. Musim hujan gini kan enaknya ngemil, hahahaha. Untuk kue sus ini saya sudah cocok dengan resep chef Barra “gula gula”. Teksturnya sudah pas dan kopong dalamnya, jadi tinggal di beri vla, dan hap deh, langsung sampai di perut.

Untuk kue sus sendiri gampang gampang susah bagi saya. Karena dulu sebelum saya bisa baking, pas manggang kue sus, pertamanya sih bagus pas di oven. Tapi pas keluar dari oven, langsung sukses menyusut sut sut, dan letoy, hadeeeeeh. Ternyata rupanya pas saya manggang, begitu sudah warna kuning kecoklatan langsung saya keluarkan dari oven, itulah kesalahan saya. Yang benar, kita juga harus liat buih dari kue sus itu sendiri. Selama pemanggangan, kue sus akan mengeluarkan buih, nah kita baru bisa mengeluarkan kue sus apabila buih itu sudah hilang. Jadi memang kadang tricky sih manggang kue sus ini.


Penggunaan tepung juga kadang menentukan. Dari beberapa blog kuliner yang saya baca, ada yang memakai tepung protein tinggi, ada juga yang hanya memakai tepung protein sedang, bahkan ada yang mix kedua tepung tersebut. Saya sudah mencoba semuanya, dan memang ada perbedaannya. Untuk hasil yang bagus sih menurut saya adalah dengan mix tepung protein tinggi dan rendah, kenapa? Karena saya dapat kokohnya dan lembutnya, terus bagian kopong dalamnya juga bagus. Itu kalau menurut saya ya, tapi terserah dari para pembuat kue sih, hahahaha.

Kue Sus
Sumber : Chef Barra “gula gula”

Bahan :
250 ml air
120 grmentega (saya pakai margarin)
¼ sdt garam (saya skip)
150 gr tepung (saya mix protein tinggi dan sedang)
4 butir telur

Cara membuat :
Masak air, mentega dan garam sambil diaduk hingga mendidih
Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis, matikan api, tunggu hingga dingin
Masukkan telur satu persatu sambil di kocok rata (saya tidak pakai mixer, cara manual – dengan sendok kayu)
Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya dan semprot di loyang bersemir margarin
Panggang dalam oven 200C selama kurang lebih 25 menit

Vla sus
500 ml susu
1 kuning telur
100 gr gula
50 gr maizena

Cara membuat :
Larutkan maizena dengansebagian susu, masukkan kuning telur, aduk rata
Rebus sisa susu dengan gula, ketika sudah hangat, ambil 2 sendok sayur rebusan susu, campur ke larutan maizena+telur, aduk rata
Tuang kembali larutan maizena tadi ke rebusan susu, masak hingga kental dan meletup, matikan api, dinginkan
Penyelesaian :
Ambil sus, belah 2 kulitnya jangan sampai putus, semprotkan vla di dalamnya, sajikan. Dingin lebih enak, hehehehe



Selamat mencoba ya, happy baking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar