Minggu, 23 November 2014

Cup Cake Coklat

Dulu saya belum mengenal dengan namanya cupcake, hahaha dasar si udik. Baru ngehnya pas lagi booming cupcake di televisi. Bentuknya cantik cantik, waktu itu baru kreasi pakai buttercream, belum booming fondant. Penasaran gimana sih rasanya cupcake, akhirnya cuma sempat beli cup casenya, itupun di pilihan ama mamang di toko bahan kuenya, hahaha. Dan seperti biasa cup case itu tergeletak begitu saja tanpa ada keinginan untuk membuatnya.... Always lazy beibeh.

Setelah beberapa waktu kok saya pengen buat cupcake versi panggang. Karena saya tau cupcake ada yang versi panggang dan kukus. Googling di mbah gugel, rata rata pada merekomendasikan resep cupcakenya NCC. Karena saya penggemar coklat, jadi yang saya pilih adalah cupcake coklat bukan yang vanila. Dan setelah membaca baca, rupanya cupcake coklat NCC itu adalah modifikasi dari cupcake yang vanillanya.

Resep cupcake coklat ini saya dapat dari blognya Mba Shirley Theresia di dapursolia.blogspot.com. Lirik dapur dan kulkas, sepertinya bahan bahannya kumplit deh, udah ga ada alasan untuk menunda nunda. Oke, cukup sekian penjelasannya, langsung saja saya eksekusi.

Buttercake Dua Telur Coklat
Source : dapursolia.blogspot.com

Bahan :
120gr  mentega / butter (saya pakai margarin)
½ sdt  vanili
250gr  gula pasir
2 butir telur
140gr tepung terigu protein rendah
50gr coklat bubuk
10gr maizena
1 sdt baking powder (saya pakai double acting)
200ml susu cair

Cara membuat :
Campur terigu, coklat, maizena, dan baking powder, aduk rata, ayak, sisihkan
Kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat
Masukkan telur satu persatu, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang
Masukkan campuran terigu dan susu bergantian, sambil diaduk hingga rata
Tuang ke cup case, oven pada suhu 180 °C hingga matang, kurang lebih 15-20 menit
Setelah jadi, hmmm baunya wangi banget, wangi coklat maksudnya, hehehe. Pengen buru buru di santap kok kayaknya kurang afdol tampil polosan. Bongkar lemari bahan kue, masih ada whipcream bubuk. Buru buru di kocok dengan air es + pasta coklat. Setelah itu bongkar kulkas masih ada strawberry, kiwi dan buah peach. Langsung main potong sret sret. Hias cupcakenya, dan langsung foto foto (norak.com), dan langsung nyem nyem nyem. Rasanya mantab deh, uenak banget. Duh tau gitu dari dulu buatnya, hahahaha....  Happy baking semua...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar