Sabtu, 15 November 2014

Seblak (lagi)

Bandung lagi musim hujan, bagaimana dengan kota anda? Dingin dingin itu enaknya makan atau minum yang hangat, seperti minum teh, kopi, bajigur, makan siomay atau bakso. Bisa juga makan gorengan, seperti bala bala, gehu atau comro. Variasi lain, bisa juga makan makanan yang pedas. Dari ketiga itu yang saya pilih adalah makanan pedas, hehehe. Yummi.
 

Karena hujan dan tidak bisa keluar (sebenarnya bisa sih, cuma malas nyetir mobil - hehehe), makanya kita buat cemilan yang sederhana saja. Pergi ke dapur dan mengedarkan pandangan mata, jatuhnya ke kerupuk. Buka kulkas, nemu sosis, daun bawang, telur, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. Langsung membayangkan seblak, cemilan murah meriah dan gampang. Yo wis bikin itu saja. Kali ini buatnya agak banyak, karena mami juga mau makan bareng seblaknya. Ok mom... menuju tkp ntar seblaknya.
 

Seblak ala Ocha

Bahan :
250gr kerupuk mentah - rebus hingga lunak, kemudian tiriskan (saya pakainya kerupuk kuning yang biasanya untuk pelengkap bubur ayam atau nasi kuning)
1 butir telur
2 buah sosis sapi, potong potong
5 buah bawang merah
4 buah bawang putih
11 buah cabai rawit merah
1 ruas kencur
1 sdt kecap manis
1 batang daun bawang iris kasar
garam dan penyedap secukupnya (saya pakai masako rasa ayam)
2 sdm minyak goreng untuk menumis
air sedikit saja

Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur dan cabe rawit
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan telur, buat orak arik
Masukkan sosis sapi, aduk rata
Masukkan air, sedikit saja, kemudian masukkan kerupuk yang sudah di rebus, aduk rata
Masukkan kecap manis, garam dan penyedap, aduk rata, cicipi rasanya
Terakhir masukkan daun bawang, aduk sampai rata, sajikan


Wah maknyus kan.... Sore sore, hujan hujan, sambil memandangi air yang turun dari langit dan mendengarkan kodok bernyanyi (lebay.com), menyantap seblak yang super duper pedas. Mami sampai kepedesan dan berlinang air mata, dan saya tetap santai memakannya, hahaha, saya suka pedas sih, jadi ga ngaruh. Alternatif cemilan nih bagi yang males buat cemilan ribet, silakan di coba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar