Rabu, 13 Mei 2015

Bolu Kukus Gula Merah

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Bolu kukus gula merah, siapa sih yang tidak tahu jajanan ini. Ini termasuk jajanan tradisional yang masih bertahan sampai saat ini. Rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut membuat siapa saja suka sama jajanan ini. Termasuk saya lho, hehehehe. Biasanya untuk bolu kukus ini saya suka beli di tukang kue dengan harga antara 1000-1500 rupiah.

Nah, ketika main ke FB NCC, seperti biasa banyak resep berseliweran di sana. Salah satunya bolu kukus gula merah ini. Saya baca, wah bahannya ga susah di dapat. Cara pembuatan? Hmmm kelihatannya tidak begitu sukar. Jadi tunggu apalagi ayo eksekusi......

Pas kebetulan waktu itu saya lagi puasa hari Senin, untuk buka puasanya saya membuat bolu ini. Nguprek di dapur, tuang, kukus, dan taraaa jadi deh bolu kukus gula merahnya. Kebetulan mami lagi tidak ikut puasa karena sakit, bisa jadi tester kan? Hehehehe. Katanya bolunya enak dan lembut, apalagi kalau di tambah kelapa parut. Hah? Kelapa parut? Perasaan yang di jual tidak pakai kelapa parut deh. Yah gitu deh mami saya..... Untuk resepnya silakan di bawah ini (saya hanya buat ½ resep).

Bolu Kukus Gula Merah
Sumber : Sizcha Ciez (member NCC)

Bahan
2 telur
400gr gula merah, rebus dengan 400ml santan (saya tambahkan dengan 1 helai daun pandan) – jangan lupa di saring air gula merahnya
500gr tepung terigu
100gr gula pasir
1sdt soda kue
½ sdt garam
½ sdt BP
250ml minyak goreng

Cara membuat
Kocok telur, gula pasir, soda kue dan BP sampai kental dan putih
Masukkan garam, kocok sebentar
Masukkan sebagian tepung terigu, air gula merah dan minyak secara bergantian sambil di kocok terus
Tuang ke dalam cetakan, kukus selama 15-20menit


Note
Penampilan bolu kukus gula merahnya kurang cantik, mungkin karena minyaknya tidak tercampur dengan baik di adonan. Untuk soal rasa enak banget, dan teksturnya memang lembut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar