Selasa, 26 Mei 2015

Simple Banana Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Selama 2 hari berturut turut buat banana cake. Untuk diri sendiri? Bukan dong, tapi untuk tetangga yang ada acara. Yah saya mah hanya buat cake kalau ada pesanan saja, lumayan.... Biasanya saya buat banana cake dengan teknik sponge cake, yaitu telur dan gula di kocok terlebih dahulu. Tapi ketika main di blog mba Nina, saya melihat resep banana cake yang simpel banget. Namanya Simple Banana Cupcake.

Teknik pembuatan cake ini dengan sistem butter cake, yaitu margarin dan gula di kocok dulu, baru dimasukkan telur dan bahan lainnya. Karena belum pernah mencoba buat banana cake dengan cara ini, langsung saya praktekkan pas ada pesanan cake pisang, hehehe. Jadi kelinci percobaan deh. Saya juga sempat mencicipi rasa cake ini, teksturnya beremah, memang tidak selembut teknik sponge cake sih, tapi rasanya enak. Cuma kayaknya saya salah sedikit pas di pengadukan terigu ketika buat cake ini pertama kali, hahahha. Untung orangnya ga ngeh, dan tetap bilang enak ^_^

Resep saya sertakan di bawah ini, yang dalam kurung itu versi saya. Yang harus di perhatikan adalah di teknik pencampuran tepung. Salah salah kayak saya, sedikit keras nanti cakenya. Ow iya, di blog mba Nina, resep ini di buat dalam bentuk cupcake, sedang saya langsung aja pakai loyang. Lebih irit kertas cupcake, hihihi. Yuk mari buat.... happy baking

Simple Banana Cake
Sumber : catatan-nina.blogspot.com

Bahan
75gr butter
75gr margarin ( saya skip butter, jadi total 150gr margarin)
150gr gula halus (saya 130gr gulaku warna hijau + 20gr gula palem)
½ sdt vanili
3 butir telur
4 buah pisang (saya pakai 300gr pisang – tanpa kulitnya ya, dihaluskan pakai garpu dan di tambahkan 1 sachet skm putih)
230gr tepung terigu
10gr maizena
½ sdt BP

Cara membuat
Panaskan oven 170’C. Saya pakai loyang kotak 18x18 oles margarin, taburin tepung
Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan BP, sisihkan
Kocok margarin, gula dan vanili bubuk hingga lembut
Masukkan telur satu persatu sambil terus di kocok hingga mengembang dan tercampur rata
Masukkan pisang yang sudah di lunakkan, kocok rata, matikan mixer (saya dalam tahap ini, tidak di mixer, tapi di aduk pakai spatula)
Masukkan campuran tepung, aduk balik hingga tercampur rata, jangan overmix
Tuang ke loyang, oven hingga matang (saya panggang 40menit)

Note : maaf fotonya jelek, buru buru di foto, karena di antar jam 8 pagi, hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar