Kamis, 14 Mei 2015

Ikan Kembung Bakar Sambal Kacang

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Ketika berkunjung ke blog catatan-nina, saya tertarik dengan resep ikan kembung bakar sambal kacangnya. Jujurnya sih tertarik sama sambal kacangnya, hehehehe. Tapi ikan kembungnya juga menggoda kok untuk di coba, langsung saya bookmark halaman itu. Sambil terus berpikir kapan saya akan coba itu resep. Sambil lalu, saya bilang mami, pengen buat ikan kembung bakar, terus ada sambal kacangnya, uuuh sedep deh. Eeeh si mami tertarik dengar kata kata saya, tapi diam saja.

Besoknya, jreng jreng... ikan kembung sudah tersedia di dapur. Dapatnya ikan kembung banjar yang gede.... cihuuuui love u mom. Kata mami, sana praktekkan, pas siang di makan ikannya. Siiiiiaaaap Ny. Besar, perintah akan saya laksanakan. Langsung uprek di dapur. Selama ikan di rendam dalam bumbu bakarnya, saya bisa ngerjain tugas yang lain, alias buat bumbu kacangnya. Jam 10 siang, saya sudah mulai membakar ikannya dengan happy call, dan baunya hmmmmm wangi banget. Perpaduan bau jahe, cabe rawit dan kecap. Mantaaaap.

Ketika ikan bakar dan sambal kacangnya sudah siap, langsung saya tata di meja makan. Siapin nasi panas, langsung ajak mami makan. Dan bener banget, ikan kembung bakarnya enak banget, tapi yang paling juara itu adalah sambal kacangnya. Mami dan saya langsung menobatkan ini sebagai sambal favorit, malah jadi sering buat ini sambal, hehehe. Yang mau resepnya ini saya tulis, rekomended pokoknya.


Ikan Kembung Bakar Sambal Kacang
Sumber : Catatan-Nina.blogspot.com

Bahan
3 ekor ikan kembung ukuran sedang (saya pakai ikan kembung banjar)
1 sdt garam
1 jeruk nipis, ambil airnya

Bumbu bakar
3 cabai merah
5 cabai rawit (resep asli 3 cabai rawit)
7 bawang merah
3 bawang putih
2 sdt ketumbar bubuk
1 ruas jahe
1 sdt garam
1 sdt air asam jawa
½ sdt merica bubuk (tambahan dari saya)
½ sdt kaldu bubuk ayam (tambahan dari saya)
5 sdm kecap manis
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat
Bersihkan ikan dan kerat kerat badannya. Kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan selama 30 menit
Haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar bubuk dan garam
Panaskan minyak, tumis bumbu halus, tambahkan air asam jawa, aduk hingga rata. Kemudian matikan api
Tambahkan kecap manis, aduk rata
Olesi seluruh permukaan ikan kembung dengan bumbu bakar dan biarkan meresap 10 menit (kalau saya simpan di kulkas selama 2 jam)
Bakar ikan kembung di atas bara api/multipan dengan api kecil sambil di oles oles dengan bumbu. Bakar hingga kedua sisinya matang, sambil terus di oles bumbu
Angkat dan sajikan


Sambal kacang
3 sdm kacang tanah, goreng, ulek kasar
3 butir bawang merah, iris halus
1 buah tomat, potong dadu
7 cabai rawit merah, iris halus (resep asli 5 cabai rawit)
3 helai daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
½  jeruk limau peras airnya/jeruk nipis (resep aslinya 2 jeruk limau/nipis)
Kecap manis secukupnya

Cara membuat
Aduk semua bahan sampai rata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar