Selasa, 12 Mei 2015

Donat Ceria

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Ini termasuk foto lama, hehehe, yaitu donat kampung. Seperti biasa, kalau keponakan datang itu wajib ada cemilan. Karena kebetulan waktu itu ada tepung protein tinggi atau tepung  cakra kembar, jadi buat donat saja. Yang buat ga biasa, donatnya kali ini saya “dandani”, kalau biasanya hanya saya “bedaki”, kali ini di buat beda. Bedanya apa? Ya gitu gitu aja, wkwkwkwk.

Donatnya cuma saya celup coklat leleh, terus atasnya saya taburi dengan coklat serut warna warni. Ada juga yang saya taburi trimits, dan hiasan bintang kecil. Kesannya rame donatnya. Benar aja, begitu keponakan saya lihat, langsung berebutan ingin makan. Dengan terpaksa, keinginan itu saya tolak.... karena itu donat harus di foto dulu, hehehehe.

Habis jepret jepret, barulah itu donat langsung di serbu sama semuanya. Alhamdulillah, saya masih di beri donatnya, habis udah khawatir ga dapat. Tidak sampai 1 jam 15 donat telah lenyap, ya saya sih bersyukur saja cemilannya laku. Yak pekerjaan rumah membuat cemilan sudah usai. Resepnya masih sama kayak dulu ya, ini saya tulis lagi.


Donat

Bahan
180gr tepung terigu protein tinggi, ayak
70gr tepung terigu protein sedang, ayak
50gr gula pasir
1 sdm ragi instan
Garam seujung kuku
125ml susu cair
50gr margarin
1 kuning telur, kocok lepas
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Campur susu cair dan gula, aduk hingga gula larut, sisihkan
Campur tepung terigu dan ragi, aduk rata. Masukkan margarin, aduk hingga tercampur rata
Tambahkan kuning telur, uleni
Tuangi larutan susu dan gula sedikit demi sedikit, uleni lagi sampai rata
Teruskan menguleni hingga adonan menjadi kalis (saya pukul dengan penggiling roti dan ulen manual dengan tangan)
Fermentasikan selama 1 jam dengan di tutup plastik wrap
Setelah 1 jam, kempiskan adonan dengan cara di tinju, ulen sebentar lagi, lalu bagi bagi adonan sebesar 30gr
Cetak adonan dengan cetakan donat atau biarkan bulat saja (nanti di bentuk donat pas mau di goreng). Fermentasikan lagi selama 20 menit
Panaskan minyak untuk menggoreng, ketika sudah panas, kecilkan apinya, baru goreng donat hingga matang
Setelah matang, hias donat sesuai selera, seperti saya yang di celup coklat leleh dan hias meriah

Note
Saya tidak pernah menguleni adonan donat sampai kalis (pemalas), ketika adonan sudah terbentuk, adonan saya pukul dengan penggilingan roti 10 menit, dan ulen manual 10-15menit, baru fermentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar