Senin, 18 Mei 2015

Roti & Pizza

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Buat roti dan pizza pizzaan yuk. Gampang banget lho buatnya. Satu resep adonan roti ini bisa saya buat roti ukuran 26x10 dan 1 loyang pizza ukuran 18cm. Rotinya sendiri bisa di isi dengan berbagai macam isian. Untuk pizza sih kreasi suka suka aja. Seperti biasa, saya dapat resep ini di internet, dan seperti biasa juga saya lupa mencatat punya siapa ini resep. Bagi yang mempunyai resep ini, saya minta ijin posting di sini ya.

Just info aja, ini sebenarnya hanya resep roti, cuma saya lagi ingin pizza, jadi sekalian di bentuk pizza. Pizza abal abal, hehehehe. Tapi enak lho, mami aja doyan. Salah satu kelemahannya adalah pas besok hari rotinya agak berkurang empuknya. Mungkin karena di adonannya tidak pakai telur ya. Atau mungkin saya yang salah buat, hahahaha. Kalau pizza nya sih langsung licin tandas, jadi tidak tahu kalau pas besoknya bagaimana, hehehehe. Yuk ini resepnya.....

Roti
Sumber : maaf lupa

Bahan
300ml susu hangat
2sdt ragi instan
30gr gula pasir
60gr margarin/mentega
½ sdt garam
200gr tepung protein tinggi
250gr tepung protein rendah (saya pakai protein sedang)

Cara membuat
Larutkan ragi dengan susu hangat, diamkan selama 5 menit
Masukkan gula pasir, mentega dan garam, aduk dengan sendok kayu
Masukkan tepung protein tinggi dan rendah, aduk rata
Tutup dengan kain bersih yang lembab, diamkan selama 60 menit atau sampai mengembang 2x lipat
Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa adonan yang diperlukan
Diamkan selama 30 menit, panggang dalam oven 200’C hingga matang


Note
Saya membagi adonan 60gr untuk adonan pizzanya, sisanya saya bagi 4 adonan untuk roti isi

Untuk saus pizzanya, saya pakai saus bolognaise siap saji merk pronas yang saya masak kembali dengan tambahan cincangan bawang putih, bawang bombay, merica dan oregano

Membuat pizzanya gampang, adonan roti dilebarkan di loyang bulat diameter 18cm. Tusuk tusuk permukaannya dengan garpu. Oleskan saus bolognaise tadi, taburkan potongan sosis, taburkan keju, panggang deh

Ow iya, untuk adonan roti, setelah selesai di panggang, langsung oleskan margarin biar mengkilat permukaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar