Jumat, 15 Mei 2015

Dark Cherry Cheese Cake


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Ini cheese cake yang sudah lama saya buat, namanya dark cherry cheese cake. Kenapa saya namakan itu? Karena dari dulu penasaran gimana sih bentuknya ini dark cherry. Rata rata orang menggunakan dark cherry ini kan untuk isian blackforest. Kebetulan ada duit berlebih, jadi belilah 1 kaleng, lumayan mahal juga sih harganya. Tapi dengan isinya yang banyak, worth it lah.

Sayangnya dark cherry ini tidak saya buat sebagai isian blackforest, tapi sebagai isian cheese cake. Sebagian lagi saya olah untuk puding, yang ini resepnya nanti menyusul. Pokoknya ini edisi jadullah, resep yang dulu pernah saya buat. Saya buat cheese cake ini, karena ada stok cream cheese yang akan kadaluwarsa waktu itu. Daripada di buang mending langsung di berdayakan.

Soal rasa dark cherry-nya, aseeeem saudara saudara. Yah walaupun setelah dimakan dengan cheese cakenya tidak begitu terasa sih. Keponakan saya aja yang doyan kue gagal buatan saya pun, hanya makan dikit, hik hik hik. Untungnya itu hanya sementara, karena besoknya mereka juga yang menyikat habis itu cheese cakenya, wkwkwkwkwk. Punya keponakan yang banyak dan doyan makan itu membantu sekali. Eh tapi semua kakak dan kakak ipar saya juga doyan makan sih, yah beruntunglah saya. Untuk resepnya silakan di bawah ini, silakan di buat atau di modifikasi. Happy dessert semua.....


Dark Cherry Cheese Cake
By Ocha

Bahan
1 lembar sponge cake coklat ukuran 20cm
1 kaleng dark cherry  à ambil 10 buah dark cherry, belah 2
Ambil 50ml air dark cherry kaleng, tambahkan 50ml air, kemudian masukkan 3sdm gula pasir, rebus sebentar, kentalkan dengan sedikit larutan maizena
Whipped cream kocok sebagai hiasan
Coklat bubuk untuk hiasan
Strawberry untuk hiasan

Bahan cheesecake coklat
250gr cream cheese (saya pakai merk yummi)
250ml whiping cream (saya pakai merk anchor)
45gr gula pasir halus
50gr DCC, lelehkan
1 sdm gelatin bubuk, tim dengan 50ml air dingin

Cara membuat
Kocok whipping cream sampai setengah kaku, sisihkan, lalu masukkan kulkas
Kocok cream cheese dengan gula pasir halus sampai rata
Campur kocokan cream cheese dengan whipping cream, kocok sebentar
Tambahkan lelehan dark coklat, kocok sebentar
Tambahkan larutan gelatin, kocok sebentar, sisihkan adonan cheese cake coklat

Penyelesaian
Siapkan loyang bongkar pasang diameter 20cm, taruh sponge cake coklat sebagai base cake, tata potongan dark cherry di atasnya, siram dengan larutan air dark cherry, timpa dengan adonan cheese cake coklat. Bekukan di kulkas 8 jam
Setelah 8 jam, lepas cheese cake dari loyang bongkar pasang, taburi dengan coklat bubuk (diayak ya), hias dengan whipped cream kocok dan strawberry
Sajikan dingin lebih enak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar