Rabu, 27 Mei 2015

Kolak Pisang ala My Mom

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Suka kolak pisang ga? Saya suka banget apalagi buatan mami. Jujur, saya tidak begitu suka dengan kolak yang ada di Bandung. Maaaaf banget, bukan maksudnya menghina. Tapi selera orang kan beda ya. Mungkin karena kolak di Bandung menggunakan gula merah dan jahe. Taste itu tidak cocok di lidah saya. Soal kolak saya memang agak rewel. Kalau bukan buatan mami saya ga begitu doyan. Walaupun kakak perempuan saya bisa buat kayak yang mami buat, tapi beda tangan beda rasa. Tidak ada yang mengalahkan buatan mami.

Kakak perempuan saya saja juga lebih doyan buatan mami daripada buatan dia sendiri, wkwkwkwk. Anak anaknya juga gitu. Senangnya, kakak ipar yang orang Bandung atau Sunda, juga doyan kolak buatan mami. Karena memang sederhana, tapi manis dan rasanya pas. Saya sih jujur aja ga bisa buat. Bisa sih.... tapi selama ada mami, saya ga pernah buat, hehehe. Di jamin beda rasa kalau di buat ama yang lain.

Untuk resepnya saya sertakan di bawah. Kolak pisang ini enak buanget di makan kalau dingin pas cuaca panas. Biasanya kalau bulan Ramadhan, habis buka puasa, kolak ini langsung tuang ke mangkok dan masukkan kulkas. Pulang dari sholat taraweh, langsung di makan, duh uenakeeee. Dingin dingin nyossss, hihihi..ow iya, kolak ini bebas isinya,bukan hanya pisang aja. Bisa juga isinya dari ubi kayu atau ubi rambat. Resep tetap sama. Soal santan yang di pakai sedikit, seperti yang bilang dari dulu, mami dan saya memang mengurangi santan. Tapi bebas kok, kalau mau pakai santannya agak banyakan. Happy kolak pisang semua, hehehehe.

Kolak Pisang ala My Mom

Bahan
2 buah Pisang tanduk
Air (tidak pakai takaran-di kira kira saja)
Santan (pakai sun kara instan yang kecil, cuma di pakai 1 sendok sayur)
Gula pasir (5 sendok sayur)                                             
Daun pandan 2 lembar
Garam sedikit

Cara membuat
Rebus air, masukkan daun pandan dan garam
Ketika air sudah mendidih, masukkan potongan pisang tanduk, dan tambahkan gula, aduk rata
Terakhir, masukkan santan, aduk supaya santan tidak pecah
Masak kolak sampai pisang empuk, matikan api, angkat
Tuangkan kolak ke mangkok, biarkan uap panas hilang, dan masukkan ke kulkas
Sajikan dingin sangaaaaat nikmat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar