Minggu, 28 September 2014

Brownies Kukus Coklat Ny. Liem


Setelah postingan berisi curahan hati yang sedih banget ceritanya, mari kita ganti suasana. Edisi brownies kukus kali ini. Anda penggemar brownies? Kalau saya iya, apalagi kalau browniesnya moist dan nyoklat banget. Tapi brownies yang crunchy saya juga suka kok. Pokoknya brownies deh. Terkadang apabila ada pemberian brownies dari orang lain, saya suka lihat dulu merknya, hehehe. Karena begitu sudah di cicip kan jadi tahu kalau brownies merk ini enak, yang ini biasa, yang ini begitu, yang itu begini, hahahaha.

Back to brownies again, kali ini brownies Ny. Liem tetap menjadi andalan saya. Aduh pokoknya jatuh cinta deh sama brownies yang satu ini. Setiap kali ada pesenan brownies kukus atau untuk pengajian, ini brownies selalu menjadi andalan. Rasanya mantap soalnya. Moist dan nyoklatnya dapat. Saya kalau sudah membuat ini, ga akan cukup sepotong deh. Bukannya resep brownies yang lain ga enak ya, tapi saya sudah terlanjur cocok sama resep ini. Untuk resepnya sudah pernah saya posting sebelumnya, tapi saya tulis lagi di bawah ini. Untuk perbedaan, di resep dahulu menggunakan susu kental manis,tapi saya skip untuk SKM-nya.

Brownies Kukus Ny. Liem

Bahan :
6 butir telur
225 gr gula
Vanili dan garam secukupnya
1/2 sdt TBM
125 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
175 ml minyak
100 gr DCC (Dark Cooking Chocolate), lelehkan dengan minyak

Cara membuat :
Siapkan kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet, supaya nanti air tidak menetes ke adonan
Siapkan loyang 30x10x4 olesi minyak dasarnya, lapisi kertas roti dan olesi lagi
Kocok telur, gula, TBM dan garam sehingga mengembang dan kental berjejak
Masukkan ayakan campuran tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata
Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk balik sampai rata, pastikan tidak ada sisa minyak yang mengendap di dasar bawah adonan
Tuang ke dalam loyang, dan kukus kurang lebih 25-30 menit


Note :
Untuk resep di atas bisa untuk 2 loyang 30x10x4
Sebelum di masukkan ke kukusan, hentakkan adonan yang ada di loyang perlahan
Kukus brownies dengan api sedang

Untuk variasi, brownies kukus coklat ini saya kasih siraman coklat. Siraman coklatnya terdiri dari DCC yang dilelehkan dengan sedikit susu cair. Kemudian atasnya ada yang di kasih parutan keju dan yang satu lagi tabur trimits. Cantik kan? Bisa untuk hantaran lo. Penampilan cantik dan rasa yang mantab adalah kombinasi yang bagus kan. Mari makaaaaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar