Minggu, 07 September 2014

Puding Telor Ceplok


Puding telor ceplok.... puding pakai telor ceplok? atau puding yang memakai bahan dasar telor? begitu pikirku dulu. Sempat booming banget waktu itu ini puding, pas saya melihatnya di blog para pembuat kuliner, kesan saya lucuuuuu, kok bisa ya yang punya ide itu. Tapi ketika hendak mencobanya, seperti biasa rasa malas melanda dan merasa kok ribet sih ini puding. Jadi keinginan membuat puding ini di tunda dulu.
 

Sehingga ketika waktu saya ke pasar dan melihat cetakan kue talam, wah saya jadi teringat ini puding, langsung saya beli cetakan dan bahan pudingnya. Buatnya? ya seperti biasa ntaaaar aja, hahahaha. Sebelum membuat puding, saya survey dulu ke para blog kuliner, rata rata membuatnya hampir sama. Untuk puding kuning telurnya ada yang menggunakan labu kuning (resep asli), ada yang pakai puding mangga, ada juga yang pakai puding jeruk. Intinya sih bebas berkreasi, yah asalkan pudingnya mirip telor ceplok, hehehehe.
 


Jadi ketika membuat puding telor ceplok ini saya mengarang dengan bebas bahan bahannya, karena bahan puding yang saya punya cuma SKM, kristal agar rasa jeruk dan agar agar bubuk putih. Setelah cemplang cemplung sana sini dengan takaran yang sesuai dengan feel saya, jadi deh puding ini,silakan di cobaaaaa.....
 

Puding Telor Ceplok
 

Bahan :
Untuk puding kuning telur
1/2 sachet kristal agar rasa jeruk
1 sachet nutrisari rasa jeruk
100 gr gula
2 sachet susu kental manis
400 ml air
 


Cara membuat :
Campur kristal agar, gula, susu kental manis dan air, aduk rata kemudian rebus hingga mendidih
Sudah mendidih, matikan api, tuang nutrisari rasa jeruk, aduk rata
Siapkan cetakan kue talam, basahi dengan air matang, isi dengan larutan puding jeruk, biarkan set dan dingin, sisihkan
 

Untuk puding susu
400 ml susu full cream
400 ml air
1 sachet agar agar bubuk putih
150 gr gula
 

Cara membuat :
Campur semua bahan menjadi satu, rebus hingga mendidih, angkat, biarkan uap panas hilang
 

Penyelesaian :
Siapkan cup puding dari plastik mika yang berbentuk bulat (kalau ada) - saya tidak punya, sebagai gantinya saya memakai mangkok kecil tahan panas yang berbentuk bulat dan plastik mika berbentuk kotak
Keluarkan puding jeruk dari cetakan kue talam, taruh puding di tengah mangkok/mika
Perlahan lahan tuang puding susu di sekeliling puding jeruk sehingga menyerupai telor ceplok
Biarkan set dan dinginkan di kulkas
Puding telor ceplok siap di nikmati
 


Puding ini memang enak lo, lembut kalau kata saya mah. Malah keponakan dan kakak serta kakak ipar sempat terkecoh di kiranya telor ceplok beneran, hahaha. Rasanya maknyusss. Ketika saya pajang ini puding di blackberry juga banyak yang terkecoh... itu ngapain majang telor goreng, hahahahaha. Dan yang patut ci catat, ternyata buatnya ga ribet, itu yang paling penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar