Minggu, 14 September 2014

Brownies Ketan Hitam


Selama ini saya tidak tahu sama yang namanya tepung ketan hitam. Tapi begitu suka baking, baru ngeh deh sama yang namanya tepung ketan hitam. Terus kalau sudah tahu mau apa? Hehehehe, ya tentu penasaran gimana rasanya. Setelah melihat para blog pakar perbakingan, saya tertarik dengan resep brownies ketan hitam kukus dari blognya mba Ricke http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com

Karena basicnya brownies kukus, saya sudah pede saja membuatnya, karena memang versi kukus tingkat kegagalannya sedikit. Mulai deh bersibuk ria di dapur, dari menakar bahan, mencairkan coklat, mengocok telur dan sebagainya. Tuang ke loyang dan mulai kukus, dan jaaaadiiiii. Begitu browniesnya sudah jadi, waduh wangi banget deh. Wangi coklat dan tepung ketan hitamnya membuat saya ingin segera memotongnya. Tapi saya harus bersabar menunggu dingin.

Yap,brownies sudah dingin, mulai deh di hias, hias standar saja, taburi gula bubuk halus dan ada cherry merah 1, ya sudah pakai itu saja. Praktiskan? Terus jepret jepret deh dengan kamera blackberry, yak selesai sudah perjuangan membuat brownies ketan hitam – haaalaaah-. Mami saya adalah tester pertama saya, dan dia menyukainya. Legit, wangi tepung ketan hitam dan manisnya pas katanya. Wah, saya jadi penasaran dan mencobanya, dan benar, enaaaak banget ini brownies tepung ketan hitam. Ga seret lagi makannya, moist dan pas banget rasanya. Terima kasih banget sama mba Ricke yang sudah sharing resepnya.

Brownies ketan hitam ini sudah menjadi andalan saya apabila ada acara arisan, atau mau menyumbang ke acara acara tetangga. Buatnya gampang, bahannya gampang di cari di pasar, dan rasanya mantap. Jadi komplitkan? Cuma memang kadang saya ada menskip bahannya, dan di ganti dengan yang lain, atau ada bahan yang tidak saya pakai, tapi tetap tidak mengubah kelezatan rasanya kok. Yak ini dia resepnya.

Brownies Ketan Hitam

Bahan :
6 butir telur
200 gr gula
1 sdt TBM
¼ sdt garam
1 sdt vanili bubuk
2 sdm SKM (susu kental manis) – saya kadang menggantinya dengan 2 sdm susu bubuk
250 gr tepung ketan hitam
20 gr coklat bubuk
100 gr DCC (dark cooking chocolate), leleh
200 ml minyak goreng/mentege leleh – saya menggunakan minyak goreng
Coklat meises secukupnya – saya kadang pakai kadang tidak

Cara membuat :
Siapkan kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet, supaya nanti air tidak menetes ke adonan
Siapkan loyang 30x10x4 olesi minyak dasarnya, lapisi kertas roti dan olesi lagi
Kocok telur, gula, TBM dan garam sehingga mengembang dan kental berjejak, masukkan susu kental manis, kocok lagi sebentar
Masukkan ayakan campuran tepung ketan hitam, vanili bubuk dan coklat bubuk, aduk rata
Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk balik sampai rata, pastikan tidak ada sisa minyak yang mengendap di dasar bawah adonan
Bagi 2 adonan browniesnya
Tuang ½ adonan ke loyang, dan kukus selama 10 menit
Taburkan coklat meises di atasnya, dan timpa dengan sisa adonan, kemudian kukus lagi kurang lebih 20 menit
Angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang, hidangkan


Note :
Untuk resep di atas bisa untuk 2 loyang 30x10x4
Sebelum di masukkan ke kukusan, hentakkan adonan yang ada di loyang perlahan, untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di adonan
Kukus brownies dengan api sedang, jangan dengan api besar karena nanti akan timbul permukaan yang tidak rata dan timbul lubang di browniesnya
Jangan lupa untuk tes tusuk untuk memastikan sudah matang atau belum, hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar