Sabtu, 27 September 2014

Simple Cooking : Oseng Tempe Kecap


Sudah lama tidak mengisi blog ini, soalnya dengan kesibukan yang menggunung membuat blog ini sedikit terlupakan. Dari sibuk belajar nyetir, sibuk ngurus sesuatu, sibuk daftar cpns, ujian cpns, bolak balik Bandung-Bekasi, wah pokoknya sibuk deh. Waktu rehat yang rencanya mau di buat untuk isi blog ini juga gagal. Mumpung sekarang ada waktu luang, mari kita sempatkan sejenak untuk posting di blog tercinta ini, hehehe.

Enaknya mau nulis apa ya? Kok jadi bingung sendiri. Mending kita tulis resep yang simpel aja ya. Kalau lagi kepepet kan kita biasanya memasak yang praktis tapi nikmat, betul ga? Soalnya saya orangnya seperti itu. Dengan bumbu sederhana dan takaran yang pas, masak sederhana jadi nikmat. Jadi apa yang akan kita masak? Jawabannya adalah tempe. Tempe? Yap, bener tempe, alias oseng tempe kecap. Itu merupakan makanan favorit saya. Silakan ini resepnya.

Oseng Tempe Kecap

Bahan :
1 papan tempe, potong seperti korek api tapi jangan terlalu tipis ya, goreng kering
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe rawit
5 buah cabe keriting
2 lembar daun salam
1 cm lengkus, geprek
Air secukupnya
Kecap secukupnya/sesuai selera, kalau saya biasanya antara 3-4 sendok sayur yang sedang
Garam secukupnya


Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe keriting
Tumis bumbu halus tadi sampai harum, masukkan daun salam dan lengkuas yang sudah di geprek
Tambahkan air secukupnya, jangan terlalu banyak, sekitar 100 ml
Tambahkan kecap dan garam, aduk rata, jangan lupa tes rasa
Ketika air sudah mendidih, masukkan tempe yang sudah di goreng sebelumnya, aduk rata
Masak sampai airnya habis dan kecap mulai mengental, sajikan

Mudah bukan membuatnya? Saya kalau masak ini, cukup ga pakai lauk yang lain. Di makan dengan nasi panas, makin nikmat. Simpel, cepat dan praktis membuat ini jadi menu andalan saya. Kalau mami saya yang membuat, biasanya airnya tidak di masak sampai habis, jadi biar ada kuahnya gitu. Tapi kalau saya lebih suka yang airnya habis dan kecap jadi kental seperti karamel, jadi ada sensasi manis pedes. Yang mana saja tetep enak kok. Silakan di coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar