Selasa, 30 September 2014

Steamed Chocolate Cake


Cake coklat yang satu ini moist dan rasanya super duper coklat. Pertama kali mengetahui resep ini di blognya mba Hesti http://hesti-myworkofart.blogspot.com/. Terus langsung coba deh, karena bahannya gampang banget di dapat. Terus cara membuatnya tinggal cemplang cemplung, aduk, tuang dan kukus. Kilat deh pokoknya, tapi hasilnya mantab banget. Cake yang satu ini sudah berulang kali saya buat apabila ada saudara yang ulang tahun atau sebagai base cake. Silakan di coba pokoknya, insyaAllah hasilnya tidak mengecewakan.

Yang harus di perhatikan dari pembuatan cake ini adalah pengadukannya. Di usahakan jangan terlalu over mengaduknya, karena bisa terbentuk langsung glutennya dan jadi liat sebelum masuk loyang. Terus usahakan ketika mengerjakan proses pembuatan cake ini, kukusan sudah langsung di panaskan, jadi tinggal di kukus begitu selesai di aduk.

Steamed Chocolate Cake

Bahan :
180 gr butter (saya pakai margarin, hehehe)
200 gr gula castor (saya pakai gulaku yang warna hijau)
200 gr susu evaporasi
2 butir telur, kocok lepas
100 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
½ sdt BP (saya pakainya BP double acting)
½ sdt soda kue
1 buah vanili bean (saya pakai ½ sdt vanili bubuk)
Selai blueberry untuk filling (saya tidak pakai)

Cara membuat :
Campur dalam panci, susu evaporasi, butter, gula dan vanili. Panaskan kompor, aduk sampai meleleh. Matikan api, angkat dan sisihkan sampai hangat
Masukkan telur dan aduk rata menggunakan baloon whisk
Masukkan ayakan tepung, coklat bubuk, BP, soda kue, aduk rata
Tuang adonan ke dalam loyang bulat diameter 20 cm yang sudah di oles kertas roti dan di oles butter
Tutup atasnya dengan alumunium foil, dan kukus selama 45 menit dengan api sedang
Apabila sudah matang dan dingin, bisa di hias sesuai selera


Cake yang ada di foto ini adalah cake yang saya buat untuk ulang tahun kakak cowo saya. Saya hias dengan sederhana saja, saya siram cakenya dengan campuran susu dan coklat leleh. Kemudian hias dengan whipped cream kocok dan strawberry. Taraaaaa...... jadi deh cake ultah yang sederhana tapi cantik dan lezat. Buat cake ulang tahun ga perlu mahal kan? hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar