Senin, 29 September 2014

Telur Balado



Masak apa.... masak apa.... masak apa sekarang? Masak enak masak enak masak enak sekarang. Lalalalala .... hahahaha. Garing ya? Niatnya sih mau enak, tapi apa daya lagi sibuk berat. Jadi yang simpel aja deh seperti biasa. Sayur bening bayam plus jagung dan telur balado. Kalau masak sayur bening bayam pasti semua sudah bisa. Kali ini saya mau share telur balado versi saya ya.

Telur balado, hmmm itu adalah masakan telur yang paling gampang menurut saya. Selain telur rebus dan telur dadar ya. Versi telur balado di setiap keluarga biasanya beda beda. Ada yang menggunkan air, ada yang tidak, ada yang telurnya di goreng, ada juga yang langsung masuk ke cabe. Apapun variasinya, telur balado setiap keluarga pasti istimewa.

Resep telur balado versi saya biasa saja, tetap menggunakan bawang merah, bawang putih dan cabe. Tapi rasanya mantab kalau menurut saya. Di campur dengan tempe goreng yang di potong kecil juga enak. Apalagi kalau di campur dengan kentang goreng yang di potong dadu, wah makin enak. Yuk silakan di coba resepnya. Kali ini saya memadukannya dengan tempe goreng.

Telur Balado (plus tempe)

Bahan :
10 butir telur, rebus matang, kemudian goreng hingga berkulit
1 papan tempe, potong tebal korek api, goreng
9 buah cabe rawit
18-21 buah cabe merah keriting
13 buah bawang merah
1 buah bawang putih
1 ½ tomat merah
Garam dan gula secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat :
Giling bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan cabe merah keriting
Potong potong tomat merah, ulek kasar bersama gilingan cabe
Panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bumbu yang sudah di ulek tadi sampai harum dan sampai mengeluarkan minyak
Tambahkan garam dan gula secukupnya, masak sampai bumbu matang
Matikan api, masukkan telur dan tempe yang sudah di goreng, aduk rata
Nyalakan api lagi, dan masak sampai bumbu meresap ke dalam telur dan tempe
Matikan api, sajikan


Untuk catatan, sebelum menggoreng telur rebus, sebaiknya telur di tusuk tusuk dengan garpu. Katanya sih fungsinya telur tidak meletup pas di goreng. Saya di beri tahu seperti itu pas saya mulai masak telur balado ini pas kelas 6 SD. Dan sudah jadi kebiasaan sampai sekarang, hehehe. Happy cooking....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar