Rabu, 17 September 2014

Cake Marmer


Siapa yang tidak kenal dengan marmer cake. Cake jadul yang tetap ada penggemarnya sampai sekarang. Cakenya lembut, manis dan ada rasa gurih dari margarin, membuat saya memakannya tidak cukup sepotong saja, hehehhehe. Bukan maruk ya, tapi memang enak kok. Kalau zaman mami saya dulu, membuat cake ini tidak pakai takaran dengan timbangan digital, tapi dengan takaran gelas belimbing. Itu lo gelas kaca yang suka di pakai buat kopi zaman dahulu. Seiring dengan perkembangan, makanya ada takaran yang berupa gram graman.

Kalau tidak salah dulu saya pernah mencoba dengan takaran gelas belimbing, pas saya timbang digital itu kira kira 200 gr gulanya, karena mami saya mengurangi makanan manis, jadi gula saya kurangi 150 gr. Untuk tepung saya sesuaikan juga dengan ukuran gula. Dan dulu mami saya membuat ini dengan susu kental manis, bukan dengan susu bubuk. Tapi apapun itu marmer cake tetap jadi kok. Marmer cake bisa di buat dengan metode butter cake dan sponge cake. Resep saya ini tipe sponge cake.

Cake Marmer

Bahan :
5 butir telur
150 gr gula
150 gr terigu protein sedang
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
1 sdt TBM
1 sdt vanili bubuk
100 gr margarin leleh
50 ml minyak sayur
1-2 sdt pasta coklat

Cara membuat :
Kocok telur, gula, TBM dan vanili sampai mengembang dan kental
Masukkan ayakan tepung, susu bubuk dan maizena
Masukkan campuran minyak sayur dan margarin leleh, aduk balik sampai rata
Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat
Tuang adonan putih keloyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya, buat motif marmer dengan tusuk lidi
Oven suhu 180C dengan waktu 30-45 menit
Angkat, keluarkan dari loyang, sajikan


Seharusnya resep ini buat loyang tulban diameter 20 cm, tapi karena saya hanya punya ukuran 22 dan 24 cm, ya saya pakai yang ukuran 22 cm. Jadinya, cake ini agak kecil, kadang saya malah membuat di loyang bulat biasa dengan diameter 20 cm, jadi agak tinggi cakenya. Loyang untuk membuat cake marmer bagusnya di olesi dengan margarin dulu baru di taburi tepung terigu. Hal ini untuk memudahkan mengeluarkan cake dari loyang. Ok, Happy Baking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar