Sabtu, 06 September 2014

Seblak ala Ocha


Anda suka seblak? saya suka, hahahaha.... Orang Bandung memang kreatif dalam menciptkan produk makanan, contohnya saja ya seblak ini. Seblak ini semacam makanan yang terbuat dari kerupuk yang di rebus, kemudian di tumis dengan bumbu bumbu, dan tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera. Seblak sendiri terdiri dari seblak kering dan seblak basah, dari namanya sudah jelas, seblak basah pasti ada kuahnya, hehehe. Seblak selain dari kerupuk, bisa juga menggunakan makaroni, mie kering, ceker ayam, tulang, atau basreng (baso goreng), wah pokoke apa aja bisa di buat seblak.

Untuk kerupuknya bisa menggunakan apa saja, kerupuk terasi, kerupuk warna warni, kerupuk ikan, pokoknya kerupuk. Tapi kerupuknya yang belum di goreng ya, alias kerupuk mentah. Nantinya kerupuk mentah ini harus di rebus dulu sebelum di olah. Bumbu seblak sendiri sangat minimalis, cuma bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan terutama adalah kencur. Minimalis sekali bukan?

Saya paling suka dengan seblak kerupuk, atau seblak ceker ayam. Pernah buat seblak makaroni, entah kenapa kurang sip bagi saya. Dan karena saya pecinta pedas, cabenya biasanya di banyakin. Seblak yang di jual biasanya campuran antara cabe keriting dan cabe rawit, kalau saya buat sendiri lebih suka hanya cabe rawit merah, biar nampol, hehehehe.

Berikut ini seblak kerupuk versi saya :
100 - 150 gr kerupuk mentah - rebus hingga lunak, kemudian tiriskan
1 butir telur
4 buah bawang merah
2 buah bawang putih
7-9 buah cabai rawit merah
1 ruas kencur
1/2 sdt kecap manis
1 batang daun bawang iris kasar
garam dan penyedap secukupnya
2 sdm minyak goreng untuk menumis
air sedikit saja

Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur dan cabe rawit
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan telur, buat orak arik
Masukkan air, sedikit saja, kira kira 3 sdm, kemudian masukkan kerupuk yang sudah di rebus, aduk
Masukkan kecap manis, garam dan penyedap, aduk rata, tes rasa
Terakhir masukkan daun bawang, aduk sampai rata, sajikan.


Jadi deh seblak kesukaan saya, wah kalau sudah makan seblak ini lupa segalanya. Mami saja yang ga doyan seblak yang di jual di jalanan, sangat suka dengan seblak versi saya ini. Tapi mami biasanya request cabenya 1 saja, karena pernah saya buat dengan 7 cabe, mami nangis kepedesan, hahahaha. Kalau untuk yang ceker ayam, sebaiknya ceker ayamnya di rebus dulu sampai empuk, dan kencur di bumbunya di banyakin, wah makin mantap tuh.... Ayo buat seblak versi dirimu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar