Selasa, 05 Mei 2015

Lapis Daging

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Mari masak daging, hehehe. Kebetulan mami beli daging, secara sebulan cuma sekali makan daging. Bosen dengan di masak krengseng, saya mengusulkan mami supaya ini daging di masak lapis. Kenapa saya mengusulkan begitu? Soalnya setiap kali saya pulang kampung, dan pas ada acara kenduri di sana, pasti lapis daging ini selalu ada. Saya waktu itu cuma mencicipi dikit, karena memang mengurangi makan daging, tapi rasanya wooow teringat di lidah.

Setiap lapis daging yang pernah di buat di sana, saya cicipi, dan rasanya berbeda satu sama lain. Yah beda tangan yang buat kali ya. Ada yang rasanya manis dan ada yang gurih, penampilan sih sama. Penampilan lapisnya berwarna abu abu dengan laos yang berbentuk serabut. Mulai deh saya browsing resep lapis daging di internet, dan banyak banget resep yang beredar.

Ada resep lapis daging yang pakai cabe, ada yang pakai santan, ada yang tidak pakai kecap, wah banyak macamnya. Sampai bingung saya. Mami sampai telpon ke kakaknya yang di Kediri, resep lapis daging, ternyata tidak pakai santan dan tidak pakai kecap. Bumbunya sih standar bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kemiri.

Tapi jujur saya ga sreg dengan resep yang di kasih. Ga tau kenapa? Hahahaha dasar durhaka. Terus sampailah saya di website Kecap Bango Nusantara, di sana ada resep lapis daging milik mba siapa gitu.....(maaf mba saya lupa namanya), huhuhu. Nah, tidak tahu kenapa saya langsung sreg dengan resepnya. Sodorin resepnya ke mami, dan mami pun setuju. Resep itu saya modif dikit, hehehehe, modif apanya, cuma nambahin merica bubuk dan sedikit penyedap sapi. Terus telurnya harusnya 2, saya kurangi jadi 1. Yang mau resepnya ini silakan....

Lapis Daging
Sumber : website Kecap Bango (punya mba yang maaf namanya saya lupa)

Bahan
500gr daging sapi has dalam
Daun salam secukupnya
Laos secukupnya, memarkan
Serai secukupnya, memarkan
Kecap manis secukupnya (saya pakai merk Bango)
Air secukupnya
Garam dan gula secukupnya
Penyedap rasa sapi sedikit saja
½ sdt merica bubuk
1 butir telur
3 sdm minyak goreng

Bumbu halus
7 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdm ketumbar bubuk
7 butir kemiri

Cara membuat
Iris daging tipis, kemudian campur dengan bumbu halus,  garam dan gula, remas remas daging
Tambahkan telur dan kecap manis, remas remas kembali dan aduk rata
Diamkan kurang lebih 1 jam
Panaskan minyak goreng, masukkan daging yang sudah di bumbui, tambahkan daun salam, serai, laos, merica bubuk dan penyedap sapi, aduk rata
Bolak balik daging, lalu setelah agak kering tambahkan air, rebus sampai daging lunak dan air habis
Matikan api, angkat, dan lapis daging siap di hidangkan


Begitu lapis daging ini matang, wahuuuu langsung serbu. Buru buru ambil nasi panas, dan hap di makan. Rasanya wooow uenak banget. Nah, ini yang cocok dengan selera saya. Mami pun setuju kalau lapis daging yang ini lebih enak dari yang di buat di kampung waktu itu. Seperti biasa, saya dan mami hanya makan beberapa iris. Sisanya langsung kirim ke para kakak. Daaaan.... rata rata bilang hanya mau daging yang di masak krengseng saja, hadeeeeh. Yah, walaupun yang ini mereka bilang enak juga. Cuma lebih senang krengseng daging. Tidak apa apa, yang penting sudah pernah coba resep ini. Happy cooking......

Resep yang mungkin mau coba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar