Sabtu, 21 Februari 2015

Sup Jagung Pedas - NCC Week Event

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Hai hai hai kembali lagi dengan NCC Event Week pada awal tahun ini. Event ini dimulai dari tanggal 17 Januari sampai dengan tanggal 18 Februari 2015, temanya mengangkat pangan lokal yang ada di Indonesia. Pangan lokal yang di maksud adalah panganan sebagai pengganti beras atau nasi. Contohnya adalah ketela pohon, garut/arairut, sukun, jagung, sagu, kentang, ubi jalar dan talas. Nah, pangan lokal ini bisa di olah sebagai makanan utama, sup, kue atau dessert.

Yang buat menariknya lagi NCC mengangkat tema ini bersama dengan Dompet Dhuafa. Dimana resep dan foto yang terkumpul akan dijadikan satu kumpulan resep, dan akan di sebarluaskan oleh Dompet Dhuafa ke daerah binaannya, dan sebagian dijual untuk tujuan pengumpulan dana.

Saya juga ikut berpartisipasi dalam event ini dengan mengirimkan 2 resep masakan. Yang pertama saya kirim, memang tidak mencantumkan salah satu bahan pangan lokal yang di maksud. Tapi alhamdulillah tetap diterima resep saya, karena mengandung unsur tradisional. Resep pertama yang saya kirim adalah Botok Tempe Teri, untuk resepnya bisa lihat disini. Nah sekarang resep yang kedua, saya menggunakan jagung. Berhubung Bandung sudah 1 bulan ini musim hujan dan cuaca dingin, jagung itu saya olah menjadi sup. Resep yang kedua ini juga alhamdulillah di terima.


Sup jagung ini cocok di makan hangat hangat sambil menikmati hujan, cailaaaa, hehehehe. Karena kalau dingin itu enaknya makan yang pedes, sup ini saya kasih extra cabe rawit merah sebagai bumbunya. Makin mantab tuh rasanya. Pokoknya dalam sup ini komplit rasa dan gizinya, ada jagung, wortel, ayam dan telur. Untuk anak anak, apabila ingin ada menghidangkannya, cabe rawitnya bisa di skip saja ya. Berikut ini resepnya.......

Sup Jagung Pedas

Bahan
300gr jagung manis, pipilkan
50gr dada ayam tanpa tulang, potong kotak
1 batang wortel, potong dadu
1 sdt margarin
½ sdt merica bubuk
½ sdt kecap ikan
½ sdt pala bubuk
Garam, gula dan kaldu bubuk ayam secukupnya
400ml air
1 sdm saos tomat
1 ½ sdm maizena yang di larutkan dengan 2 sdm air
1 butir telur, kocok lepas
1 batang daun bawang, potong kasar

Bumbu halus
2 siung bawang putih yang besar
5 cabe rawit merah

Cara membuat
Lelehkan margarin, tumis bumbu halus, kemudian masukkan potongan dada ayam, masak sampai ayam berubah warna
Masukkan jagung dan wortel, masak sampai setengah matang
Tambahkan air, masukkan merica, kecap ikan, pala bubuk, garam, gula dan kaldu bubuk rasa ayam, aduk rata
Tambahkan saos tomat, aduk sebentar, masukkan larutan maizena, aduk rata
Tuangkan kocokan telur, aduk cepat hingga berbentuk serabut
Tambahkan daun bawang, masak sebentar hingga kuah meletup, matikan api
Sajikan dalam keadaan hangat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar