Selasa, 17 Februari 2015

Donat

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....

Jam sudah menunjukkan waktu 12 siang. Cuaca di luar pun mendung, melirik ke meja makan tak ada cemilan yang tersedia di sana. Bergumam seorang diri, enaknya buat apa ya untuk cemilan di sore hari ini. Eeeeeeeh ada yang nyambar, buat donat aja. Langsung noleh ke samping, ternyata malah mami yang nyahut, hehehehehe. Donat? Iya donat kata mami. “Kamu kan sudah lama ga buat donat, hampir bertahun tahun”, mami berkata. “ Masak sih?”, jawabku. Kesannya kok kayak drama aja ya, hihihi.

Sebenarnya emang benar sih, udah hampir setahun ga buat donat. Kalaupun buat donat, biasanya cuma setahun sekali. Karena saya paling malas ngulen saudara saudara. Itu juga alasan kenapa saya jarang buat roti. Maklum saja, saya kalau buat roti atau donat masih tenaga manual, alias pake tangan. Pernah pake mixer, eh mixernya panas karena ga kuat.

Mau cari alasan, mami sudah menatap dengan tatapan harus buat donat. Akhirnya dengan terseok seok berjalanlah saya ke dapur. Adegannya di dramatisir banget ya. Karena mau yang praktis, donat yang saya buat tidak pakai kentang. Lagipula sebenarnya kentangnya juga ga ada, hahahahaha. Saya hanya buat donat terigu. Karena males ngulen, like usually, setelah adonan terbentuk, saya pukul pukul pakai penggiling roti selama 10 menit, terus lanjut ngulen pake tangan 15 menit. Total 25 menit langsung fermentasi, hihihihi. Kelihatan banget pemalasnya.

Ow iya, karena cuaca mendung dan suhu dingin, untuk fermentasinya, saya menaruh baskom berisi air hangat di atas baskom berisi adonan donat. Dan adonan donatnya sendiri saya tutupi dengan plastik wrap bukan dengan serbet basah yang biasanya saya gunakan. Ini tujuannya supaya adonannya ngembang, karena kalau suhu dingin, biasanya itu adonan ngembang lama banget, bisa sampai 2 jam lebih. Kalau ada suhu hangat, 50 menit atau 1 jam juga udah ngembang cantik.


Untuk resepnya silakan ini saya tulis, donat ekonomis , tapi rasanya tidak ekonomis. Tekstur tetap lembut, walau saya ngulennya sebentar. Garing di luar, tapi dalam lembut karena ada penggunaan susu  cair dan kuning telur.

Donat Ekonomis

Bahan :
180gr tepung terigu protein tinggi, ayak
70gr tepung terigu protein sedang, ayak
50gr gula pasir
1 sdm ragi instan
Garam seujung kuku
125ml susu cair
50gr margarin
1 kuning telur, kocok lepas
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Campur susu cair dan gula, aduk hingga gula larut, sisihkan
Campur tepung terigu dan ragi, aduk rata. Masukkan margarin, aduk hingga tercampur rata
Tambahkan kuning telur, uleni
Tuangi larutan susu dan gula sedikit demi sedikit, uleni lagi sampai rata
Teruskan menguleni hingga adonan menjadi kalis (saya pukul dengan penggiling roti dan ulen manual dengan tangan)
Fermentasikan selama 1 jam dengan di tutup plastik wrap
Setelah 1 jam, kempiskan adonan dengan cara di tinju, ulen sebentar lagi, lalu bagi bagi adonan sebesar 40gr
Cetak adonan dengan cetakan donat atau biarkan bulat saja (nanti di bentuk donat pas mau di goreng). Fermentasikan lagi selama 20 menit
Panaskan minyak untuk menggoreng, ketika sudah panas, kecilkan apinya, baru goreng donat hingga matang

Start buat donat sekitar jam 12.30 dan selesai menggoreng 16.00. Akhirnya selesai juga donatnya nih, langsung buru buru di taburi campuran gula halus dan susu bubuk. Ambil sebagian donat, foto foto, kemudian duduk cantik menikmati donatnya. Rasa lelah ketika membuat donat (lelah? hahahaha) langsung hilang seketika. Keponakan saya pada doyan, begitu juga mami dan terutama saya, hehehe. Happy baking semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar