Minggu, 08 Februari 2015

Botok Tempe Teri

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....


Posting resep yang gampang dan murah meriah nih. Bahannya gampang, dan buatnya sangat mudah. Ini resep keluarga saya turun temurun, hehehehe. Biasanya makanan ini di makan dengan sayur bening bayam plus jagung.

Karena saya aslinya orang Kediri, Jawa Timur-tapi tinggal di Bandung, makanan tradisional yang namanya botok ini merupakan menu wajib setiap hari kalau saya pulang kampung. Harganya murah meriah, di kampung saya cuma di jual 1000 rupiah perbungkusnya, dan botoknya pun macam macam. Kali ini saya coba menyajikan menu botok tempe teri yang merupakan resep dari keluarga saya, semoga berkenan dan di terima.

Botok Tempe Teri

Bahan
Tempe 200gr, potong kotak kotak dan di kukus dulu selama 5 menit
Kelapa muda parut 200gr
Teri nasi 50gr
Petai cina 50gr
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus
3 buah cabe merah keriting
2 buah cabe rawit
5  siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas, di geprek
Garam dan gula secukupnya

Cara membuat
Aduk rata tempe kukus dan dan kelapa muda parut
Campur dengan bumbu yang telah di haluskan dan lengkuas geprek
Masukkan teri nasi dan petai cina
Tambahkan garam dan gula, aduk rata, tes rasa dulu
Siapkan daun pisang untuk membungkus botok, bungkus botok membentuk tum
Kukus kembali botok tempe teri selama 25 menit sampai matang, dan sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar