Kamis, 12 Februari 2015

Cake Ulang Tahun Qolbi

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....


Cake ulang tahun yang saya buat kali ini adalah untuk keponakan perempuan saya, namanya Qolbi. Karena sebagian besar keponakan saya sama seperti saya, alias penggila coklat, makanya basic cakenya adalah cake coklat. Cake coklat yang saya buat adalah brownies kukus coklat ekonomis, tapi walaupun namanya ekonomis, rasanya tidak ekonomis lo. Saya dapat resep ini dari salah seorang teman di facebook. Beliau sudah lama berkecimpung di dunia perbakingan. Nama di facebooknya adalah Salma Loyang. Loyang? Ya karena beliau menjual segala macam bentuk loyang, tapi beliau juga menerima pesanan kue.

Untuk resepnya sendiri pernah saya tulis, yaitu ketika saya membuat rainbow cake. Tapi untuk kali ini saya tulis ulang saja kembali, karena waktu yang saya tulis untuk rainbow cake, itu untuk rasa vanili, sedangkan yang saya tulis sekarang rasa coklat. Saya membuatnya hanya ½ resep saja, karena dibuat dengan loyang kecil diameter 18cm. Brownies kukus coklat ini kemudian saya siram dengan coklat siram, dekor sederhana dengan whipcream coklat, dan hias meriah untuk anak anak, hehehe.

Brownies Kukus Coklat Ekonomis
Source : Salma Loyang 
(saya buat 1/2 resep di bawah untuk loyang bulat 18cm)

Bahan
8 butir telur
400gr gula
1 sdm TBM
200gr tepung terigu protein sedang
60gr coklat bubuk
1 sdt vanili bubuk
300ml minyak goreng
pasta blackforest (tambahan dari saya)

Cara membuat
Siapkan kukusan, lapisi tutup kukusan dengan serbet, supaya nanti air kukusan tidak menetes ke adonan. Panaskan kukusan
Kocok telur, gula dan TBM sampai mengembang dan kental
Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan vanili bubuk yang sudah di ayak, aduk rata dengan spatula
Masukkan minyak sedikit demi sedikit, aduk balik hingga rata
Tambahkan pasta black forest, aduk hingga tercampur rata
Tuang ke loyang bulat diameter 18cm, yang sudah di oles margarin dan di alas kertas roti, kukus hingga matang/tes tusuk

Penyelesaiannya, ketika brownies sudah matang, dan di dinginkan, browniesnya saya belah 2, kemudian oles selai blueberry, tangkupkan lagi brownies yang satunya. Siram brownies kukus dengan coklat siram, saya buat dengan melelehkan dark cooking chocolate yang di campur dengan sedikit susu uht cair, biarkan hingga coklat siram set. Untuk whipcream coklat, cara sederhana saja, whicpream bubuk di kocok dengan air es, dan di beri pasta blackforest. Setelah itu hias deh dengan kreasi kita. Karena waktu Qolbi lagi demem angry bird, jadi nuansa angry bird lah yang saya pasang di cakenya. Masih jauh dari sempurna cake ulang tahunnya, tapi rasanya top markotop lo – muji diri sendiri -. Happy baking semua.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar