Jumat, 20 Februari 2015

Tahu Masak Kecap

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah.....


Pengen masak yang tidak ribet hari ini karena sibuk banget. Maklum udah hampir 1 minggu asisten rumah tangga tidak masuk. Sebenarnya tidak masalah sih kalau asisten tidak masuk, karena sudah biasa dari dulu melakukan pekerjaan rumah tangga. Cuma memang sibuk banget hampir 1 minggu ini. Jadinya mau masak yang simpel dan cepat deh.

Tanya kepada mami mau di masakin apa, di jawab apa saja. Tapi lagi pengen tahu. Tanya lagi di masak apa tahunya, di jawab terserah, tapi pengennya di masak kecap kayak biasa. Ya elah mam, tinggal bilang pengen tahu masak kecap, hahahaha. Ada ada aja ya kami berdua ini.

Tahu masak kecap ini resep yang super duper sederhana. Buatnya tidak perlu takaran deh, tinggal cemplang cemplung, jadi deh. Soal bumbu sih di kira kira saja, sesuai dengan lidah kita masing masing. Begitu ini tahu matang, langsung dimakan dengan nasi hangat plus kerupuk, wah kenyaaaaang.

Tahu Masak Kecap

Bahan
10 buah tahu kuning, potong kotak kecil, goreng ½ matang
Lengkuas secukupnya
1 daun salam
Garam, gula, merica secukupnya
Kecap manis Bango secukupnya
Air secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu iris
3 cabe rawit merah keriting, iris serong
5 cabe rawit merah, iris serong
5 bawang merah
3 bawang putih

Cara membuat
Panaskan minyak, tumis bumbu iris hingga harum, masukkan daun salam dan lengkuas, aduk matang
Tambahkan air secukupnya, masukkan kecap, garam, gula, dan merica, aduk sampai mendidih, jangan lupa tes rasa
Apabila rasanya sudah cukup, masukkan tahu yang sudah di goreng, masak sampai air sat/tinggal sedikit
Sajikan dengan nasi hangat


Untuk kecap sebenarnya bebas menggunakan merk apa saja. Cuma saya dan keluarga memang sudah cocok dengan kecap bango, karena manis dan warnanya sudah pas ke makanan. Untuk bumbu tahu masak kecap ini sendiri bisa di ulek lho. Malah biasanya saya buatnya dengan di ulek baru di tumis. Berhubung lagi sibuk banget pakai cara sesat deh, alias di iris bumbunya, hehehe. Soal rasa, saya akui lebih enak yang di ulek. Tapi ya berhubung laper, apa saja yang di masak tetap enak. Happy cooking.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar