Rabu, 18 Februari 2015

Choco Creamy Pie

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah.....


Suka pie? Suka coklat? Suka vla? Wah kalau di gabungin bagaimana jadinya? Ya pasti enak dong, ya iyalah, perpaduan crunchynya kulit pie dengan vla creamy coklat, waduh membayangkannya saja sudah menitikkan air liur saja. Hal ini karena saya bosan dengan fruit pie yang sering di bikin. Secara saya penggemar coklat, jadi wajib nih buat pie coklat dan vlanya juga harus coklat. Tapi yang paling penting cara buatnya ga ribet dan bahannya tidak mahal, hahahaha tetep ya pelitnya.

Sebenarnya dulu saya pernah buat pie coklat dan di protes para keponakan. Di karenakan crust pienya terlalu pahit. Padahal waktu itu saya mengikuti resep dari salah satu blog terkenal lho. Sudah mengikuti plek plek sesuai resepnya. Ya mungkin di lidah anak kecil ga kuat sama takaran coklat bubuknya waktu itu. Dan pendapat mereka di dukung sama orang tua mereka, huhuhuhu, tapi habis saja itu pie yang saya buat, hehehe.

Nah, ketika mau membuat pie coklat lagi, saya mulai berpikir (cailaaaaa), bagaimana meminimalisir rasa pahit dari coklatnya. Tapi setelah di pikir pikir kok jadi malas saya buat. Lho???dasaaaaaar pemalaasssss..... yak the end dulu, hahahahaha. Begitulah saya ini.


Akhirnya setelah berjuang melawan rasa malas yang mendera, saya pun mulai membuat coklat pie. Saya membuatnya dengan basic pie yang sudah sering saya buat, dan mulai berexperimen sesuai  dengan khayal saya. Soal rasa tergantung nanti. Parah banget kan saya.....yang penting jadi dulu aja crust pienya. Sesudah jadi crust pienya (sambil berdoa semoga tidak pahit), saya lanjut ke vlanya. Untuk vlanya, mulai berpikir, bagaimana kalau begini, bagaimana kalau begitu.... sampai akhirnya jadilah vla coklat kreasi saya. Saya toel vlanya, eh enak, hehehehe. Oke, lanjut penyajian dan seterusnya. Selesaiiiiiiii.

Harap harap cemas, saya sodorkan coklat pienya ke keponakan saya. Yang saya sodorkan versi mini pienya, jadi ntar kalau dia suka bisa dengan bangga saya keluarkan yang versi besarnya, hehehe. Ternyata...... dia suka banget. “Enaaaaak tante ocha”, kata mereka. Mereka itu ada 3 keponakan lho. Terus saya kasih ke orang tua mereka. “Wah, yang ini enak, ga pait kayak waktu itu”, kata Kakak saya. Horay horay sukses juga akhirnya buat coklat pie idaman. Terus saya juga cicip dong, eh beneran enak rupanya. Apalagi ketika di makan dingin, makin mantap.

Buat semuanya yang mau mencoba coklat pie dengan coklat creamy vla ala saya, silakan ini resepnya. Semoga cocok juga ya.....

Choco Creamy Pie

Bahan crust pie
200gr tepung terigu protein sedang
100gr margarin
75gr gula bubuk
2 sdm coklat bubuk
1 kuning telur
2-5 sdm air es

Cara membuat
Ayak  dan campur jadi satu tepung terigu, gula bubuk dan coklat bubuk, aduk rata
Masukkan margarin, aduk menggunakan garpu atau sendok kayu hingga berbutir butir
Masukkan kuning telur, aduk rata
Tambahkan air es sedikit demi sedikit, padatkan
Bulatkan adonan, taruh di plastik wrap/plastik lebar, bungkus adonan, dan tekan berbentuk pipih, masukkan lemari es 30 menit
Keluarkan dari kulkas, gilas menggunakan penggilingan, cetak di loyang pie, tusuk tusuk sekelilingnya dengan garpu supaya ketika di panggang tidak menggembung
Oven dengan panas 180C sampai matang  sekitar 25-30 menit (tergantung oven masing masing)

Choco Creamy Vla
Bahan
2 kuning telur
100gr gula pasir
25gr tepung maizena
400ml susu UHT
100gr DCC
2sdm coklat bubuk
50gr whipcream bubuk + 100ml air es

Cara membuat
Kocok lepas kuning telur dengan gula pasir hingga pucat, masukkan sebagian susu, aduk rata, lalu campur dengan tepung maizena, aduk rata sisihkan
Di panci, panaskan sisa susu dengan cacahan DCC dan ayakan coklat bubuk, aduk hingga DCC meleleh
Ambil sedikit susu panas, campur dalam larutan kocokan telur, aduk rata, masukkan kembali larutan tersebut ke dalam panci
Masak di atas api sedang hingga vla mengental, matikan api, dan dinginkan
Kocok whipcream bubuk dan air es hingga kaku, campurkan adonan vla ke dalam kocokan whipcream. Kocok rata, kemudian masukkan vla creamy ke dalam lemari es
Penyajian
Tuang vla creamy yang sudah dingin ke crust pie, tata buah dan hias sesuai selera (saya pakai buah strawberry), hidangkan dingin lebih enak

Note : karena pie termasuk crust yang mudah rapuh apabila sudah di siram vla, biasanya sebelum vla di tuang, saya mengoles seluruh permukaan pie dengan coklat leleh, setelah coklatnya set, baru vlanya di tuang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar