Sabtu, 14 Februari 2015

Brownies Coklat Favorit

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillah....



Sekarang tuh tanggal 14 Februari ya? Hari palentin ya? Palentin tu apa sih? Hari kasih sayang? Mosok hari kasih sayang tanggal 14 Februari doank, hehehehe. Just kidding ya, jangan tersinggung ya.... bagi saya sih tidak ada sih istilah palentin palentinan. Dulu sih waktu zaman SMA sempat ngerayain, yah namanya anak muda yang masih polos. Polos? Wkwkwkwkwkwk dari sejak kapan saya polos. Cuma semenjak saya kuliah, saya makin mengerti bahwa di dalam agama saya tidak ada istilah untuk palentin, malah bisa di bilang haram tuh.

Okay, back to food. Lho kok malah ke makanan? Ya iyalah da lagi pengen posting brownies niiiih. Tapi bentuknya bentuk love. Bukan dalam rangka hari palentin ya, tapi dalam rangka memberdayakan loyang bentuk love. Maksudnya loyang baru gitu lo, tapiiiiii sekarang loyang itu telah hilang, huweeeee sedihnya. Saya ceroboh sih.

Untuk resepnya menggunakan resep brownies andalan saya, yaitu brownies dari Chef Barra Pattiradjawane. Tau kan chef Barra? Beliau adalah termasuk chef favorit saya selain Bu Sisca Soewitomo, Rudi Choiruddin, Alm Chef Tatang, dll. Wah ketahuan saya angkatan berapa ya. Hahahahaha. Resep brownies ini cocok dengan selera saya. Garing di luar tapi di dalamnya masih basah. Uuuuw sepotong juga ga akan cukup. Kalau boleh jujur, saya bisa lo habis seloyang sendirian, hehehe. Kunci di dalam pembuatan brownies ini, jangan terlalu overmix dalam pengadukan.

Bagi yang mau buat browniesnya silakan nih saya kasih resepnya. Untuk loyangnya bebas menggunakan loyang apa saja. Cuma kebetulan saja saya pakai yang bentuk love ya (PENEGASAN), hehehe.

Brownies Coklat Favoritku ^_^
Sumber : Chef Barra Pattiradjawane
(saya hanya buat ½ resep)

Bahan
4 butir telur
300gr gula pasir
240gr tepung terigu
60gr coklat bubuk
240gr DCC
240gr mentega (saya pakai margarin blueband)
Kacang almond iris secukupnya (saya skip)

Cara membuat
Lelehkan mentega dan DCC
Campur dengan gula pasir, aduk rata dengan baloon whisk
Ketika sudah agak dingin/masih hangat (jangan masih panas ya) masukkan telur satu persatu, aduk rata
Tambahkan ayakan tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata (jangan overmix)
Tuang ke loyang yang sudah di oles margarin dan di alasi kertas roti
Tambahkan almond iris (saya tidak pakai), panggang 180C selama 30 menit atau tes tusuk

Ketika brownies ini sudah jadi kok rasanya sepi ya ga ada hiasannya. Jadinya saya coret coret saja dengan coklat warna, trus karena ada cetakan coklat warna pink yang bertuliskan happy, saya taruh saja di atas brownies untuk di foto. Eh keponakan saya ikutan hias dengan naruh coklat bentuk love, ya sudahlah ikut di foto juga. Habis itu.... serbuuuuu langsung di serbu browniesnya. Uuuhm yummi, sepotong ga akan cukup. Happy baking semua.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar