Minggu, 31 Januari 2016

Flower Cupcake untuk Ulang Tahun

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Tanggal 28 Januari 2016 kemarin, keponakan saya yang cewe, Haura berulang tahun. Berhubung saya lagi bokek, saya hadiahkan kado berupa.... kue, hehehehe. Padahal kakak cewe saya sudah membelikan cake ultah untuk Haura, ah tapi biarlah yang penting kan niatnya. Lagian semua saudara saya yang berulang tahun pasti hadiahnya berupa kue dari saya, hihihi.

Jujur, saya bingung mau buat kue kayak gimana, karena lagi minim ide. Pengen buat yang seperti di instagram atau pinterest, yah saya tau dirilah kemampuan diri sendiri. Tapi dari awal pengen nyoba buat cupcake yang kemudian di gabung menjadi bunga, terus ada tangkainya, daun, dsbnya. Hmmm, tapi kebanyakan cupcake yang seperti itu pakai fondant, nope, saya sudah memutuskan pakai buttercream. Nah, masalahnya saya ga bisa bentuk bunga, buat mawar dari buttercream aja ga bisa. Akhirnya sata memutuskan untuk buat hiasan bunganya sesuka hati saya, wkwkwkwk.

Untuk cupcakenya saya pakai resep buttercake 2 telur NCC, tapi hanya ½ resep, terus di taruh di paper cup ukuran kecil, jadinya 11 biji ukuran imut. Untuk buttercream pakai punya mba Besta Arlita, tapi takarannya saya modifikasi sesuai keperluan. Sedangkan untuk tangkainya, karena ga punya fondant, saya pakai sumpit. Sumpit? Iya sumpit untuk makan mie... banyak tuh di rumah sumpit dari kayu. Nah, saya pakai 2 sumpit, terus di satukan pakai selotip, kemudian ambil pita warna hijau, terus lilitin deh ke badan sumpit, selotip lagi di bagian bawahnya. Tadaaaa, jadi deh tangkai bunga. Taruh di bawah cupcake, supaya mirip dengan tangkai beneran, saya tambahkan daun dari buttercream di tangkainya. Jadi deh hadiah dari saya...

Walau saya akui hasil karya saya berantakan banget, tapi saya puas dengan hasilnya. Seneng aja udah coba hal baru. Alhamdulillah, Haura suka... dan kuenya di simpan untuk di makan nanti sama teman teman lesnya, huuu senangnya. Happy Birthday Haura.... semoga menjadi anak yang solehah dan di berkahi Allah SWT, aamiin.....

Buttercake 2 Telur NCC 
Saya pakai ½ resep

Bahan
120gr mentega / butter ------ 60gr margarin
½ sdt vanili
250gr  gula pasir --------- 125gr gula
2 butir  telur utuh -------- 1 telur
140gr tepung terigu protein rendah ----------- 70gr tepung terigu serbaguna
50gr coklat bubuk --------- 25gr coklat bubuk
10gr  maizena ------------- 5gr maizena
1 sdt  baking powder ------- ½ sdt baking powder
200ml  susu cair -------- 100ml susu cair

Cara membuat
Campur tepung terigu, coklat bubuk, dan maizena, aduk rata, sisihkan
Kocok mentega, gula,  dan vanili bubuk hingga mengembang dan pucat
Masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang
Masukkan adonan terigu dan susu bergantian, sambil diaduk hingga rata
Tuang ke cup case, oven suhu 180’C hingga matang, kurang lebih 20 menit
Angkat dan dinginkan

Buttercream
Modifikasi dari resep mba Besta Arlita

500gr shortening/mentega putih ----------  saya pakai 200gr
250gr white chocolate compound, lelehkan ------------ saya pakai 100gr
1 kaleng susu kental manis ----------- saya pakai 4 sachet susu kental manis

Cara membuat
Kocok mentega putih sampai mengembang dan halus
Masukkan susu kental manis, kocok rata lagi
Terakhir masukkan coklat putih leleh, kocok rata lagi, buttercream siap di pakai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar