Kamis, 28 Januari 2016

Rendang Ayam

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Rendang... siapa sih yang tidak suka dengan masakan dari Sumatra Barat ini. Bahkan harus di akui, di seluruh Indonesia ini, pasti paling tidak ada beberapa rumah makan padang di daerahnya. Begitu juga di kampung halaman saya, yang sebenarnya masakan khasnya adalah pecel dan rawon, masakan padang tetap ada. Yah, walaupun yang buka warungnya cuman 2, paling tidak ada masakan padang.

Rendang yang paling terkenal itu adalah rendang daging, padahal ada lho rendang ayam, rendang telur, rendang paru bahkan rendang jengkol. Percayalah saya sudah mencoba semua itu, dan enaaaak semua, wkwkwkwk. Okeh, kali ini saya menyajikan rendang ayam, bukan rendang daging karena saya dan mami jarang makan daging. Untuk resepnya sendiri saya lihat di facebook NCC punya bunda Veronica Syari. Tapi.... ada beberapa bahan yang saya kurangi, dan saya tambahkan, salah satunya penambahan kelapa parut sangrai.

Kalau bingung kelapa parut sangrai itu gimana? Datang aja ke pasar, dan ke tempat orang jual bumbu dapur yang sudah di giling halus. Bilang saja mau beli kelapa parut sangrai untuk rendang, pasti tau kok yang jual. Teksturnya nanti berminyak banget, karena kelapa parutnya habis di sangrai terus di tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Nah, itu yang membuat rendang menjadi nikmat dan berwarna kecoklatan. Kalau tidak pakai itu juga gapapa, bisa di skip.

Soal rasa, enak kok resep yang ini. Kalau dulu biasanya saya buat rendang ayam menggunakan resep chef Barra Pattiradjawane, dan saya sudah cocok dengan rasanya. Tapi yang ini juga tidak kalah enak, karena menggunakan banyak bumbu (resep chef Barra, bahannya simpel). Silakan yang mau buat rendang ayam, resepnya di bawah.....



Rendang Ayam
Modifikasi dari resep bunda Veronica Syari

Bahan
1 ekor ayam, di bagi 8 potong
1 kotak santan instan (ukuran besar)
Air secukupnya
3 batang serai
3 ruas laos
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
1 ruas kayu manis
2 butir cengkeh
2 butir asam kandis
Garam secukupnya

Tambahan dari saya
100gr kelapa parut yang sudah disangrai kering dan di tumbuk (beli di pasar)

Bumbu halus
20 buah cabe merah keriting
7 buah bawang merah
6 siung bawang putih
4 buah kemiri
½ sdt merica bubuk
½ sdt ketumbar bubuk
1sdm kunyit bubuk
2 ruas jahe
Sedikit pala bubuk

Cara membuat
Masukkan ayam beserta bumbu ke dalam ke dalam wajan – kecuali kelapa parut sangrai dan garam, tambahkan air (jangan terlalu banyak-sekitar 100-150ml), nyalakan api, masak hingga air dari ayam keluar hingga air menjadi sedikit
Tambahkan santan, aduk terus supaya santan tidak pecah, tambahkan garam, terus aduk – jangan lupa tes rasa
Terakhir masukkan kelapa parut sangrai, aduk sampai santan sedikit mengering dan ayam matang
Rendang ayam siap di hidangkan

Note : seperti biasa, maaf fotonya jelek, hehehehe ^_^'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar