Kamis, 21 Januari 2016

Ikan Bakar Bumbu Minimalis

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....
 


Haaallloooooo saya kembali niiiih. Kembali dengan nasib blog yang tak pasti, hahahaha. Maksudnya adalah, kembalinya sementara doank. Soalnya begitu saya sembuh dengan batuk, eh flu menyerang. Nih ngetik saja sambil srat srot ingus... ih jijik, hihihi. Tapi daripada ini blog nganggur, yowes kita isi alakadarnya, hehehe. Kenapa saya bilang alakadarnya? Pasti juga ngerti.

Kali ini saya mau tulis resep ikan bakar dengan bumbu minimalis. Saking minimalisnya, yakin deh pasti bisa buatnya. Tuh, alakadarnya kan???.... soal rasa maknyus dong, apalagi kalau di makan sama sambal kacang kecap, wuih, nasi 2 piring wajib ada! Untuk ikannya saya pakai ikan kembung banjar, karena banyak dagingnya (dasar maruk, hehehe). Mungkin bisa juga di ganti dengan ikan lain, silakan mencoba... malah ga kasih solusi ya #plak. Tapi saya yakin sih bisa pakai ikan apa aja, asal itu ikan bersedia aja di bakar, wkwkwkwk. 

Ikan Bakar Bumbu Minimalis 

Bahan
4 ekor ikan kembung banjar
4 siung bawang putih, haluskan
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
1sdm garam

Bahan olesan
1sdm margarin
5-6sdm kecap manis

Cara membuat
Lumuri ikan kembung dengan garam, bawang putih halus dan air jeruk nipis, aduk rata, masukkan ke kulkas kurang lebih 1 jam
Siapkan pan tahan panas atau panggangan, bakar ikan sambil di olesi bahan olesan sampai matang
Ikan siap dihidangkan dengan sambal kacang kecap

Sambal Kacang Kecap (campur semua bahan)
2sdm kacang goreng yang sudah di haluskan
3 buah bawang merah, rajang kasar 
2 helai daun jeruk, buang tulang daunnya, iris halus
7 cabe rawit merah, potong bulat
5-6sdm kecap manis
2sdm air jeruk nipis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar