Rabu, 06 Januari 2016

Ayam Pedas Manis

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah...


Masakan yang satu ini berhasil membuat nasi 2 piring habis saya makan sendiri. Sambil berhuh hah kepedasan, dan keringat bercucuran. Yah sebenarnya masakan sederhana sih, ayam yang di masak pedas manis. Cuman karena rasa pedasnya yang mantap, membuat nafsu makan saya meningkat... padahal emang rakus, wkwkwkwk, alasan saja. Mami aja sampai geleng geleng kepala nyium bau pedasnya, dan hanya berani makan sedikit. Ga usah khawatir mom, anakmu ini sanggup menghabiskannya, hehehehe.

Ayam ini saya masak karena terinspirasi dengan masakan yang saya lihat di tivi. Kelihatannya enak banget tuh si pembawa acara perempuannya menyantap ayam yang pedas sambil merem melek. Berarti kan enak tuh ayamnya. Sayang bumbu dan cara pembuatan ayam pedasnya tidak di beritahukan. Cuman si pembawa acara bilang, rasanya gurih, manis dan pedas. Hayuuuk kita nguprek di dapur untuk membuatnya.

Karena saya lihat ayamnya di goreng dulu, makanya ayamnya saya goreng. Sedang untuk saus pedas manisnya, berusaha mengira ngira saja. Semua saus yang ada di rumah, saya keluarkan, hahahaha. Begitu jadi wuih.... nasi come to mama, hahahaha..... Tingkat kepedasan dan manis serta gurihnya sesuai selera ya. Makanya selama di cara pembuatan, selalu saya bilang tes dulu rasanya. Karena tingkat keenakan rasa suatu masakan berbeda beda setiap orang.

Ayam Pedas Manis

Bahan
1 ekor ayam, potong jadi 12 bagian
3 siung bawang putih, haluskan
1sdt garam
1 buah jeruk nipis, ambil semua airnya
½ sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bumbu pedas manis
2 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
5 buah cabe merah keriting, potong serong
5 buah cabe rawit merah, potong serong
1sdm saus tiram
3sdm saus tomat
2sdm saus sambal extra pedas
1sdt garam
½ sdt merica bubuk
2sdm gula pasir
250ml air
Minyak untuk menumis

Cara membuat
Lumuri ayam dengan bawang putih halus, garam, merica dan perasan air jeruk nipis. Diamkan kurang lebih 1 jam, lalu goreng sampai matang, sisihkan
Untuk saus pedas manisnya, tumis bawang putih sampai harum, masukkan potongan cabe merah keriting dan cabe rawit merah
Tambahkan saus tiram, saus tomat dan saus sambal extra pedas, aduk rata
Tambahkan air, garam, gula dan merica, didihkan, jangan lupa tes rasa, apabila sudah pas, masukkan ayam yang sudah di goreng tadi
Masak sampai bumbu meresap ke dalam ayam, angkat dan sajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar