Sabtu, 27 Juni 2015

Bubur Sumsum

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Bubur sumsum, jujur ini pertama kali saya membuatnya. Sempat dag dig gug bisa ga ya buatnya, karena ini adalah permintaan mami. Akhirnya nguprek berdua dari mami, dengan resep gugel mendadak di pagi hari. Awal membuatnya, wow bagus ya adonannya, jadi udah pede deh. Setelah matang dan tidak bau tepung lagi, langsung d matiin. Dengan berharap buburnya akan tetap lembut sorenya.

Sore jam 3 baru buat saus gula merahnya. Tapi ketika menyentuh buburnya permukaannya kok tidak lembut ya. Dalamnya sih tetap lembut, cuma permukaannya seperti berkulit. Waduh apa salah gitu cara membuatnya? Begitu menjelang magrib, langsung ambil 2 mangkok untuk di foto, daaaaan.... huhuhu, dalamnya memang lembut tapi teksturnya berantakan. Kalau kata mami kayaknya kurang santan. Tapi tidak apa apa kata mami, namanya juga pengalaman pertama, hiks hiks thank u mom.

Untuk rasanya, alhamdulillah enak, jadi walaupun teksturnya amburadul, rasanya tetap oke. Yang buat kesal lagi, foto yang saya ambil jelek semua. Mungkin karena kurang cahaya kali ya. Jadi untuk semuanya, maafkan daku, huk huk.... ini resepnya.

Bubur Sumsum

Bahan
100gr tepung beras
600ml santan (saya pakai 1 ½ sachet kara yang kecil + 600ml air)
½ sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat
Campur semua bahan di panci, aduk rata sampai tidak ada yang bergerindil
Taruh panci di atas kompor, nyalakan api. Masak di atas api sedang cenderung kecil sampai matang dan muncul letupan letupan di buburnya, angkat, sisihkan
Masaknya sampai benar benar matang dan tanak ya, alias tidak bau tepung. Oleh karena itu dalam pemasakannya, bubur harus terus di aduk

Saus gula merah

Bahan
110gr gula merah di sisir halus
15gr gula pasir
100ml air
1 lembar daun pandan

Cara membuat
Campur semua bahan, dan jerang di atas api sedang sampai gula larut, angkat
Penyajian
Taruh bubur sumsum di mangkok, siram dengan saus gula merah

Note : saya kehabisan gula merah, makanya saya campur dengan gula pasir, hehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar