Minggu, 21 Juni 2015

Soun Baso Ayam Kuah - masakan yang simpel banget

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Tukang jamu yang biasanya merupakan ibu ibu kompleks tempat saya tinggal, tidak hanya menjual jamu saja. Kadang malah bawa jajanan seperti risoles, lemet, pisang aroma, pokoknya jajanan pasar yang dia buat sendiri. Nah, kali ini yang dia bawa adalah baso ayam buatannya sendiri. Harganya 5000perak dapat 20 baso. Banyak ya? Ya iyalah da basonya kecil kecil, hehehehe.

Dari review para ibu tetangga, baso ayamnya enak, dan insyaAllah ga pakai bahan berbahaya. Karena mami merupakan langganan yang suka beli jajanan pasarnya, akhirnya mami terbujuk untuk membeli baso ayam buatan mba jamu ^_^.

Seperti biasa, mami menyerahkan itu baso kepada saya. Karena saya lagi malas mikir (sering banget), itu baso saya olah aja seperti sop, dan memakai soun sedikit di dalamnya. Ketika sudah jadi, kok jadi seperti baso kampung yang di jual di kampung halaman saya ya? Di tambah irisan jeruk nipis dan sambel rawit di gerus, wuih uenak tenan..... Ya sudah saya anggap saja ini baso kampung ala saya, wkwkwkwk, ngasal. Secara kuah kaldunya aja tidak pakai tulang sapi. Yang penting enaaak....

Soun Baso Ayam Kuah

Bahan
20buah baso ayam
3 buah bawang putih, geprek, tumis sebentar dengan sedikit minyak
1 liter air
Soun (saya pakai hanya sedikit – dikira kira saja)
2 batang daun bawang, iris kasar
1 batang daun seledri
1sdm kecap ikan
Garam, merica dan sedikit kaldu bubuk rasa ayam
Bawang goreng sebagai pelengkap
Jeruk nipis sebagai pelengkap
Cabe rawit yang direbus, dan di giling kasar sebagai pelengkap

Cara membuat
Rebus air hingga mendidih, masukkan batang daun seledri, tumisan bawang putih beserta minyaknya dan merica
Tambahkan baso ayam, masukkan kecap ikan, garam, merica lagi dan kaldu bubuk rasa ayam
Masukkan soun dan daun bawang, masak sampai soun empuk (sebentar saja), matikan api
Sajikan di mangkok, taburi bawang goreng, hidangkan dengan jeruk nipis dan gerusan cabe rawit, wuidih mantap.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar