Rabu, 17 Juni 2015

Tahu Fantasi

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Resep sederhana lagi..... tahu fantasi. Untuk resep tahu fantasi sangat banyak bertebaran di gugel. Saya sendiri mendapatkannya dari member NCC. Setelah saya baca, tidak terlalu susah dan tidak perlu takaran bumbu (kalau saya ya). Jadi bisa cemplang cemplung lagi, asal pakemnya sama. Sekarang masih edisi cemplang cemplung kan? Hehehe. Tapi kalau ada yang mau resep dengan bumbu yang jelas, bisa gugel saja ya. Karena tahu fantasi yang saya buat tidak pakai takaran, main feeling saja.

Ow iya, untuk tahu fantasi ini, biasanya di tengah tahu akan di berikan potongan sosis atau telur puyuh utuh. Berhubung saya tidak makan telur puyuh (kolestrol gede boooo) dan tidak ada sosis di kulkas, jadi tahu fantasi saya polos los los. Plus untuk menggoreng tahu ini saya cuma menggunakan larutan tepung terigu, tidak pakai telur seperti kebanyakan. Biasa irit telur, hahahaha. Yuk cemplang cemplung di mulai.....

Tahu Fantasi

Bahan
Tahu putih, hancurkan pakai garpu (saya pakai 6 tahu putih kecil)
1 batang wortel, potong dadu
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang seledri, iris halus
1 butir telur
Garam, merica, pala bubuk dan sedikit kaldu ayam
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus
Bawang merah dan bawang putih (takaran suka suka kita saja) – setelah di haluskan, saya suka di tumis sebentar bumbunya, biar wangi

Cara membuat
Siapkan kukusan, panaskan
Siapkan cetakan talam / cucing, olesi dengan minyak
Campur tahu dengan semua bahan dan bumbu halus, aduk rata
Cetak ke dalam cetakan talam /cucing (isi tidak usah terlalu penuh, nanti mengembang). Nah di tahap ini, kalau suka bisa di taruh telur puyuh atau potongan sosis di tengah tahu
Kukus tahu selama 15-20 menit, angkat, dinginkan
Siapkan larutan terigu (air+terigu) untuk menggoreng tahu. Tingkat kekentalan larutan ini juga di kira kira saja ya, hehehe, jangan terlalu encer atau kental pokoknya. Terus jangan lupa di bumbui dengan sedikit garam dan merica
Lepas tahu kukus dari cetakan, gulingkan ke larutan terigu, goreng sampai kuning keemasan
Tahu fantasi siap di hidangkan dengan cabe rawit, saos sambal atau sebagai lauk makan nasi, hahahaha

Note : maaaaaf fotonya jeleeeeek hiks hiks hiks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar