Sabtu, 27 Juni 2015

Donat lagi....

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah.....


Di bulan puasa seperti sekarang ini, kompleks kami suka membuat takjil gratis yang akan di bagikan ke orang orang yang dalam perjalanan pulang ke rumahnya. Takjil itu di taruh di depan kompleks dalam 8 meja panjang yang isinya ada kolak, teh tawar, es buah dan berbagai macam panganan. Bahkan ada yang nyumbang nasi kucing atau bihun goreng, seperti yang di lakukan mami.

Nah, waktu itu saya cerita nyumbang es melon serut dan donat kan? Untuk donatnya sendiri, saya masih tetap menggunakan resep donat ekonomis saya. Buat ½ kg, jadi 30 donat. Hiasannya sederhana saja, alias tabur gula halus + susu bubuk. Cuma ya itu karena sudah lama ga ngulen donat, malamnya tangan saya suakit banget, hihihi, pegeeeeel. Untung pas sahur, sakitnya sudah hilang.

Alhamdulillah, dari tetangga yang mencicip donat buatanku, katanya enak dan empuk. Malah di kira pakai kentang ini donat. Begitu tahu tidak pakai kentang, heran deh. Yah, sebenarnya empuknya di dapat dari kuning telur dan susu sih. Jadi bagi yang tidak punya kentang di rumahnya, donat ini bisa di coba lho. Resepnya saya tulis ulang lagi ya.... (padahal udah 2x tulis ulang), hihihi.

Donat

Bahan
360gr tepung terigu protein tinggi, ayak
140gr tepung terigu protein sedang, ayak
80gr gula pasir
½ sachet ragi instan
Garam seujung kuku
250ml susu cair
80gr margarin
2 kuning telur, kocok lepas
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat
Campur susu cair dan gula, aduk hingga gula larut, sisihkan
Campur tepung terigu dan ragi, aduk rata. Masukkan margarin, aduk hingga tercampur rata dan berbutir butir
Tambahkan kuning telur, uleni
Tuangi larutan susu dan gula sedikit demi sedikit, uleni lagi sampai rata
Teruskan menguleni hingga adonan menjadi kalis (saya pukul dengan penggiling roti dan ulen manual dengan tangan)
Fermentasikan selama 1 jam dengan baskom di tutup plastik wrap
Setelah 1 jam, kempiskan adonan dengan cara di tinju, ulen sebentar lagi, lalu bagi bagi adonan sebesar 30gr, kemudian bentuk bulat
Fermentasikan lagi selama 20 menit
Panaskan minyak untuk menggoreng, ketika sudah panas, kecilkan apinya, buat bolongan dengan ibu jari ke adonan donat yang bulat, goreng donat hingga matang, tiriskan
Hias donat dengan taburan gula halus yang di campur dengan susu bubuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar