Sabtu, 27 Juni 2015

Gulai Ikan & Tempe

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Tetangga yang dekat sama mami memberikan ikan yang sudah di goreng. Pas saya tanya sama mami, ikan apa itu, mami malah ga tahu. Ikannya ukuran sedang, dan di goreng garing. Hmmmm enaknya di masak apa ya? Kalau di masak yang pedes gitu kayaknya enak ya, bagaimana kalau di buat gulai saja? Kata mami sih terserah, ya sudah kita masak itu saja, hehehehe.

Ini ikan yang di kasih oleh tetangga


Untuk takarannya di sesuaikan dengan selera saja ya. Bahkan kita juga sudah bisa menakar bahan dengan jumlah ikan yang tersedia. Karena ikan gorengnya cuma ada 7 dan kecil kecil, makanya saya pakai bumbu yang tidak terlalu banyak, kecuali ukuran cabenya, hihihi. Saya menyebut resep ini gulai ikan. Bagi yang merasa bahwa bumbunya tidak sesuai, saya mohon maaf ya. Ini resepnya... Eh bentar bentar, sebagai variasi, saya tambahkan potongan tempe juga di dalam gulai ini. Mami paling doyan kalau ada tempe yang di masukkan di gulai, hehehe.

Gulai Ikan & Tempe
ala Ocha

Bahan
Ikan yang sudah di goreng

Bumbu halus
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
11 cabe merah keriting
9 cabe rawit
Jahe sedikit saja
2 ruas jari kunyit
4 butir kemiri

Bahan lain
1 lembar daun kunyit
2 batang serai
Asam kandis sedikit saja
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
Laos di geprek
Kol sedikit
Tempe secukupnya
Air secukupnya
Santan secukupnya (saya pakai santan kara 1 sendok sayur)
Garam dan sedikit kaldu bubuk ayam
Minyak untuk menumis

Cara membuat
Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun kunyit, daun salam, daun jeruk, laos, asam kandis dan serai, aduk rata
Tambahkan air secukupnya, didihkan
Ketika sudah mendidih, kecilkan api, masukkan santan, aduk supaya santan tidak pecah
Masukkan ikan yang sudah di goreng, tempe dan kol, tambahkan garam dan kaldu bubuk ayam, masak sampai matang, matikan api, hidangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar