Minggu, 29 Maret 2015

Muffin Coklat Choco Chips


Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....

Suka muffin? Saya lumayan suka tapi belum pernah buat, lebih sering beli tepatnya. Seringnya sih buat cupcake daripada muffin. Kebetulan ketika berkunjung ke facebook dan main ke grup NCC, saya lihat salah satu postingan milik Bunda Irma Marcella. Beliau merupakan salah satu anggota NCC sama seperti saya, dan beliau memposting resep muffin kreasinya. Seperti yang sudah saya bilang dari dulu, saya itu adalah penggemar coklat, nah ketika melihat judulnya muffin itu adalah muffin coklat choco chip, tunggu apalagi ayo langsung eksekusi.

Sebelum eksekusi muffin coklat tersebut, saya juga berselancar di dunia maya. Melihat berbagai macam resep muffin, dan ternyata pembuatannya lebih mudah di banding dengan cupcake. Kemana saja saya selama ini ya kok ga sadar ada muffin yang ga ribet cara buatnya. Inti dari pembuatan muffin yang saya suka adalah no mixer, hehehehe. Jadi tingggal cemplang cemplung, aduk (jangan overmix), tuang ke papercup, pangggang/kukus, jadi deh. Gampang banget kan? Iya gampang, kelihatannya, hehehehe.

Sebenarnya saya juga takut untuk buat ini muffin. Karena dari berbagai macam komentar yang saya baca, ada yang gagal karena bantat, ada yang meluber keluar adonan, dll. Hmmmmm apa butuh tips dan trik? Yah, kita ikuti aja step by step pembuatannya. Lagipula dari komentar yang sudah pernah membuat muffin bunda Irma Marcella ini rata rata puas dengan hasilnya. So? Cekidot beibeh....

Muffin Coklat Choco Chips
Source : Bunda Irma Marcella (anggota NCC)

Bahan
150gr tepung terigu protein sedang
15gr coklat bubuk
1sdt Baking Powder (saya pakai BPDA)
35gr margarin leleh
60gr gula pasir
1 butir telur
100ml susu cair
100gr coklat masak pekat dilelehkan
25gr choco chip

Cara membuat
Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder
Tambahkan margarin leleh dan gula pasir, aduk rata
Telur dikocok lepas dengan susu
Tuang ke campuran tepung terigu sambil di aduk perlahan
Masukkan coklat masak leleh pekat dan choco chip, aduk rata
Tuang adonan ke dalam cetakan
Oven 25menit dengan suhu 190 derajat celcius


Begitu muffin ini baru selesai di panggang, hummmm wangi coklatnya langsung memenuhi dapur. Terus teksturnya yang padat dan bentuknya yang seperti gunung merekah yang cantik benar benar menggugah selera. Waktu membuat muffin ini, saya dalam keadaan sedang berpuasa, jadi seperti biasa tester pertama adalah kakak dan keponakan tercinta, yang mengatakan muffin ini uenaaak pakai banget. Ketika saat berbuka puasa pun, saya mengakui muffin ini memang mantap sekali, tidak menyesal untuk mencoba membuatnya.

Ssst..... ada yang buat saya senang banget lho. Ketika saya posting muffin ini di grup Facebook NCC, bunda Irma sendiri langsung komen di postingan saya, dan bilang bagus muffinnya. Duh, dunia ini serasa melayang saking senangnya, hahahaha dasar lebay. Ok semua, happy baking.....

1 komentar:

  1. hmmm jadi kabita (orang sunda bilang)..terimakasih bunda Irma resepnya, mau di praktekan... semoga mufinnya menggunung spt yg bunda bikin.

    BalasHapus