Rabu, 23 Desember 2015

Fruit Pie untuk Mami di Hari Ibu

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Horai..... latepost, hihihihi. Iiiih saya benar benar menderita penyakit malas luar biasa. Malas ngetik lho maksudnya, bukan malas yang laennya. Mari kita membahas hal yang enak, alias hari Ibu. Betul fruit pie ini saya buat pas tanggal 22 Desember 2015, jam 6.15 pagi dan selesai jm 8 pagi – komplit ya penjelasannya, hehehehe. Fruit pie ini di buat dalam rangka memperingati hari Ibu, yang dalam hal ini buat mami. Love u mom.....

Sebenarnya, tanggal 21 Desember, mami sudah deal pengen chicken pie, itu lho pie dengan isian tumisan ayam dan teman temannya. Pie asin maksudnya. Okeh, saya sudah menyanggupinya, no problemo. Nah, pas malamnya, jam 10 malam, mami towel saya, ga jadi pie asinnya, pengen pie buah alias fruit pie, hihihihi. Saya yang lagi nonton film di tivi ketawa, okeh aja deh, gampang pokoknya. Perasaan tiap tahun di hari Ibu, mami pasti minta fruit pie, ga bosen gitu??? Hanya mami yang tahu, hahahaha.

Yah singkat cerita fruit pie jadi pagi harinya. Sebelumnya setelah sholat subuh, saya sudah mengucapkan selamat hari Ibu kepada mami, sambil kecup pipi kiri kanan plus sun tangan, hehehe. Apa pie itu langsung di makan paginya? Oh tentu tidak... saya ajak mami jalan jalan dulu untuk belanja, terus traktir makan siang di luar. Baru siang hari fruit pie nya dimakan, setelah pulang dari belanja, dan mami habis 2 slice, ckckckck, doyan ya mam? Hehehe. Apapun itu.... Terimakasih mami telah menjadi ibu yang terbaik bagi kami 4 orang anaknya. Always loving u mom.... Selamat hari Ibu.

Fruit Pie

Bahan
Crust Pie
150gr tepung terigu
2sdm gula halus
75gr margarin(dalam keadaan dingin)
1 kuning telur (dalam keadaan dingin)
3sdm air es

Cara membuat
Campur tepung terigu, margarin dan gula halus, aduk rata sampai berbulir bulir seperti pasir (saya pakai garpu)
Masukkan kuning telur, aduk rata lagi
Terakhir masukkan air es secara bertahap, campur rata dengan garpu (jangan pakai tangan, karena adonan jadi keras nantinya)
Setelah itu bulatkan adonan (pakai jari tangan), taruh di atas plastik yang lebar, pipihkan/lebarkan adonan dengan rolling pin. Besarnya disesuaikan dengan ukuran loyang pie (saya pakai ukuran 22)
Cetak adonan di loyang pie, rapikan pinggirannya. Kemudian tusuk permukaan adonan pie dengan garpu supaya ketika di panggang tidak menggembung
Oven 180’C sekitar 20-25 menit (tergantung oven masing masing)

Vla pie
400ml susu full cream
100gr gula pasir
2 kuning telur
30gr maizena
1sdt vanili
1sdm mentega

Cara membuat
Tuang 200ml susu dengan gula di panci, rebus dengan api sedang
Sisa 200ml susu taruh di mangkok dan campur dengan kuning telur, maizena dan vanili
Ketika rebusan susu sudah hangat, ambil 2 sendok sayur rebusan susu dan campur ke larutan susu+kuning telur+maizena, aduk rata, dan tuang kembali ke rebusan susu
Masak sampai vla matang dan mengental. Matikan api, masukkan mentega, aduk rata hingga mentega lumer. Dinginkan

Topping
Buah anggur
Kiwi
Jeruk shantang
Cherry

Olesan
1sdm selai orange marmalade + 1sdm air, panaskan

Penyajian
Tuang vla ke dalam crust pie, tata buah buahan di atasnya. Oles buah buahannya dengan bahan olesan. Sajikan fruit pie (lebih enak dalam keadaan dingin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar