Selasa, 29 Desember 2015

Strawberry Cheesecake in Cup

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Sebentar lagi mau tahun baru 2016 ya, ga kerasa sudah 1 tahun lagi yang akan terlewat. Nah, untuk tahun baru apa saja yang sudah di persiapkan? Terutama untuk cemilan atau dessert habis perayaan tahun baru. Kalau saya jujur ga ada siapin apa apa. Paling buat brownies untuk saya makan sendiri, wkwkwk. Mami paling saya buatan macaroni schotel (kalau mau)...... Untuk makanan paling bakar ayam, ah pokoknya biasa saja ga ada spesial.

Saya mau nyumbang saran nih untuk dessert... buat cheese cake aja. Biar gampang makannya taruh di cup saja, kan enak tuh, ga perlu motong, tinggal di sendokin aja makannya. Bukannya cheesecake sudah sering saya posting? Iya sih... tapi bolehkan sumbang saran, lagian ini gampang kok bahannya. Yah, mungkin agak sulitnya di gelatin ya... tapi bisa di skip kok kalau cheesecakenya di taruh di cup. Kan ga akan luber. Beda kalau cheesecake nya yang berbentuk loyang, itu harus ada gelatin biar kokoh. Yang akan saya bagikan kali ini adalah Cheesecake Strawberry in cup.

Untuk bahan yang lainnya bisa sesuai selera, sebagai contoh di selai... Selai strawberry yang saya pakai selama ini merk paletta, bisa di ganti dengan merk moriza atau yang lain. Oreo bisa di ganti crackers keju. Pokoknya sekreatif kita aja. Nah, untuk soal whipping cream, ini harus pakai yang bentuk cair. Soal merk sudah saya tulis di bawah. Saya tidak menyarankan pakai whipped cream bubuk seperti merk Haan atau Pondan, karena jatuhnya cheesecake jadi manis, buat giung kalau di saya. Tapi... yah, sesuai selera juga ya. Kalau ga ketemu whipped cream cair, silakan di coba pakai yang bubuk. Saya sudah coba keduanya, dan sangat prefer whipping cream cair, karena aslinya memang pakai itu resepnya. Yang mau resep strawberry cheesecake in cup nya, silakan di bawah ini...

Strawberry Cheesecake in Cup

Bahan
1 pak oreo rasa vanila, hancurkan kasar bersama krimnya
3sdm selai strawberry (pakai merk paletta) + 2sdm air, panaskan sampai menjadi encer
Buah strawberry, potong potong

Bahan cheesecake
Cream cheese gadungan
250ml whipping cream cair (merk anchor atau elle n virre)
1sdm gelatin bubuk yang di tim dengan 50ml air
80gr gula pasir
1sdm air jeruk lemon

Cara membuat cheesecake
Kocok dalam keadaan dingin whipping cream cair sampai mengembang dan setengah kaku, sisihkan, simpan dalam kulkas
Kocok cream cheese gadungan dan gula pasir sampai rata
Masukkan gelatin bubuk yang sudah di tim dan air jeruk lemon, kocok rata sebentar
Campur kocokan cream cheese dengan whipping cream, kocok rata, sisihkan

Penyelesaian
Siapkan cup atau gelas, tata sebagian oreo yang sudah di hancurkan di dasarnya
Tuang sebagian cheesecake di atasnya, tata kembali oreo, tuang kembali adonan cheesecake
Masukkan cheesecake ke dalam chiller kurang lebih 4jam
Setelah 4jam, keluarkan cheesecake, tuang selai strawberry di atasnya, hias dengan potongan buah strawberry

Cream cheese gadungan
150gr keju cheddar parut halus (pakai kraft)
100ml susu cair (pakai merk ultra)
1sdm margarin (pakai blueband)

Cara membuat : semua bahan campur jadi satu, dan di tim sampai keju lumer. Angkat, dan dinginkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar