Rabu, 16 Desember 2015

Red Velvet Cupcake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Booming red velvet cake sebenarnya sudah lama..... dan saya juga pernah mencoba membuatnya 1x. Yup 1x dan tidak pernah mau mencoba lagi. kenapa???? Karena cakenya gagal – menurut saya-, sedangkan menurut para kakak dan para keponakan tidak. Kenapa saya bilang gagal.... karena karena karena..... ah pokoknya banyak deh alasan yang membuat saya ogah membuat red velvet cake kembali. Bahkan ketika saya ke toko bakery, untuk mencoba red velvet cake saja ga mau (bukan sombong ya), tapi masih teringat kegagalan dalam membuat cake itu.

Setelah beberapa tahun.... tahun? Iya benar tahun. Akhirnya tahun 2015 ini saya membuat red velvet cake lagi. kok bisa? Ya bisalah, da pengen, hehehe. Resep red velvet cake yang lama saya buang, dan mulai browsing lagi. saya cari resep yang ga ribet dan bahannya ga begitu susah. Terdamparlah saya di blog amal kitchen, mulai membaca dan menghayati sungguh sungguh. Hmmmm.... kayaknya yang ini ga ribet. Yo wes pakai resep yang ini saja.

Aslinya cake ini di buat dalam loyang bundar ukuran 20cm sebanyak 3 loyang. Cuman karena saya takut gagal lagi.... saya membuatnya dalam bentuk cupcake dan hanya ½ resep, hehehe. Daaaan alhamdulillah, cupcakenya sukses lho. Warnanya juga cantik. Btw, saya ga pakai frosting  cream cheese ya, jadi hanya polosan saja. Kalau mau lihat resep frosting red velvet cupcakenya, bisa di lihat di blog amal kitchen disini. Soal rasa juga enak kok... ngga seperti buatan saya dahulu yang manis pakai banget.... Yang saya tuliskan di bawah ini adalah 1 resep ya.....

Red Velvet Cupcake
Sumber : Amal Kitchen

Bahan
220gr tepung terigu protein rendah (saya pakai protein sedang, segitiga biru)
30gr coklat bubuk
¾ sdt garam
225ml minyak sayur
225gr gula pasir
2 butir telur ukuran sedang
1 sdm pewarna makanan merah tua (saya pakai merk hakiki, cukup ½ sdm saja)
¾ sdt esens vanilla
150ml buttermilk (saya buat sendiri dengan cara 1,5 sdm susu bubuk dilarutkan ke 150ml air hangat, masukkan 1 sdm perasan jeruk nipis, aduk rata. Diamkan selama 10 menit, hasil akhirnya susu akan membentuk gumpalan dan kental seperti yoghurt)
1 sdt baking powder (saya pakai BPDA merk hercules)
1 sdt baking soda
1 ¼ sdt cuka makan

Cara membuat
Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder, sisihkan
Kocok minyak sayur dan gula pasir dengan mixer sampai rata. Masukkan telur dalam sekali tahapan, sambil di kocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata. Matikan mixer. Masukkan perwarna makanan merah tua ke dalam adonan, kocok adonan lagi sampai rata
Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran tepung terigu bergantian dengan buttermilk, kocok rata. Matikan mixer
Campurkan soda kue dan cuka makan (akan mengeluarkan suara berdesis dan berbusa), aduk selama 3 detik. Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula. Masukkan adonan ke dalam cetakan cupcake, dan segera panggang dengan suhu 180’c selama 30menit atau hingga matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar