Senin, 28 Desember 2015

Sate Sapi Manis

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Olahan sate memang banyak macamnya, ada yang dari ayam, daging sapi, kelinci, rusa, dll.... yang pernah saya cicipi paling sate ayam, sapi, rusa, kelinci dan kuda. Masing masih rasanya khas, tapi yang sate kuda alot banget. Apakah kita akan membahas sate kuda? Bukaaaaan. Saya mau nulis sate sapi kok.... hehehe jauh banget ya....

Jujur saya lupa resep ini dapat darimana, saya ubek ubek mbah gugel, ga dapat euy yang punya resep ini. Apa sayanya yang bodoh...huhuhuhu. Jadi mohon maaf bagi yang punya resep ini, saya posting resepnya di sini. Untuk pembuatan sate ini sendiri sangat mudah. Tinggal rendam daging sapinya, terus bakar deh. Karena di bahan rendaman satenya sendiri sudah ada kacang tanahnya, maka saya tidak pakai saus kacang untuk sate ini sendiri. Yang saya tambahkan cuma irisan wortel, bawang merah dan timun sebagai acar.

Karena nama masakannya sendiri adalah sate sapi manis, jadi memang ciri khas sate ini manis rasanya. Khas masakan daerah Jawa. Walaupun saya kurang begitu suka dengan rasa manis di masakan, tapi sate sapi manis ini cukup saya nikmati kok. Btw, sebelum satenya di olah, saya rendam dulu daging sapinya dengan parutan nenas supaya empuk.

Sate Sapi Manis

Bahan
250gr daging sapi
2 siung bawang putih
4 buah bawang merah
1sdm gula merah
½ sdt ketumbar bubuk
2 butir kemiri sangrai
¼ sdt garam
1sdm kecap manis
1sdm kacang tanah goreng, haluskan
2sdm minyak goreng
½ buah nanas, parut, untuk merendam nanas

Cara membuat
Potong potong daging sapi bentuk dadu, rendam dalam larutan nanas selama 30 menit, sisihkan
Ulek semua bahan yang tersisa, kecuali kecap manis dan minyak goreng. Apabila ulekannya sudah halus, campurkan dengan minyak goreng dan kecap manis, aduk rata
Masukkan potongan daging yang sudah di rendam nanas tadi ke dalam bumbu ulekan. Diamkan di freezer sekitar 1 jam
Setelah 1 jam, tusuk daging sapi ke tusukan sate, lalu bakar sate sapi hingga matang
Sajikan sate sapi manis dengan acar mentimun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar