Sabtu, 19 Desember 2015

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Masakan sambal goreng kentang ati ampela ini sudah lama banget saya buat, dan biasa selalu lama di uploadnya, hehehe. Tapi saya yakin, siapa saja pasti sudah jago banget buat masakan ini. Kenapa? Karena biasanya sambal goreng kentang ati ampela ini masakan wajib untuk acara besar. Seperti untuk Idul Fitri, Idul Adha, acara pertunangan, di pesta pernikahan, dll. Jadi untuk konsumsi di rumah, pasti juga sering di buatnya.

Untuk sambal goreng kentang ati ampela ini, saya tambahkan kecap dalam pembuatannya. Pasti pada heran kok di tambah kecap. Yaaaa..... karena begitu cara yang di ajarkan oleh mami. Selidik punya selidik... kebiasaan orang jawa memang untuk menambah kecap manis di pembuatan sambal goreng kentang ati ampela. Karena pas saya pulang kampung dan melihat saudara saya memasaknya juga begitu. Padahal seingat saya, pengasuh saya waktu kecil yang orang Minang asli, kalau buat sambal goreng kentang tidak memakai kecap dalam masakannya. Yaaaah.... masakan jawa kan memang terasa manis ^_^

Jujur.... kalau saya yang memasak sambal goreng kentang ati ampela di rumah, pasti mengurangi kadar kecapnya. Kalau mami yang masak, wah itu bisa sampai menambahkan 4-5sdm kecap, udah kebayang kan..... Btw, seperti biasa, saya memakai sedikit santan, hehehe. Yah bisa di sesuaikan dengan selera sih. Yak ini sambal goreng kentang ati ampela ala saya......

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Bahan
4 buah kentang ukuran sedang, potong dadu, goreng
2 pasang ati ampela ayam, rebus hingga matang, potong potong
2 lembar daun salam
3cm lengkuas, geprek
1sdt kecap manis
400ml air
2sdm santan instan
Minyak untuk menumis
Garam, gula dan merica secukupnya

Bumbu halus
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
10 cabe merah keriting
5 cabe rawit merah

Cara membuat
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun salam dan lengkuas
Tambahkan air, didihkan, masukkan kecap manis, garam, gula dan merica, aduk rata
Tambahkan santan, aduk, jangan lupa koreksi rasa. Apabila sudah pas, masukkan kentang yang sudah di goreng dan ati ampela
Masak sampai kuah menyusut dan bumbu meresap ke kentang dan ati ampela
Sambal goreng kentang dan ati ampela siap di hidangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar