Kamis, 24 Desember 2015

Tahu Masak Bumbu Kacang

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Masak dengan bahan yang sederhana tapi hasilnya mantap, itulah yang saya lakukan beberapa hari ini. Gara gara beli majalah saji, dan melihat salah satu resepnya yang gampang, mami langsung menyuruh saya memasaknya. Yah, ga masalah sih menurut saya. Karena setelah di lihat, bahannya memang mudah di dapatkan. Masalahnya adalah.... di resep tertulis menggunakan tahu coklat. Nah, saya bingung tuh maksudnya apa. Apa tahu yang terbuat dari coklat atau tahu yang di dalamnya di isi coklat, hahahaha. Just kidding.... saya sih udah nangkap maksudnya... mungkin maksud itu resep menggunakan tahu coklat adalah tahu sumedang. Kan warnya coklat tuh... Eh iya gitu? Lho malah balik nanya...wkwkwkwk

Yah, pokoknya resep ini saya sudah eksekusi, tapi ya dengan ala saya.... Jadi bahannya saya tambahkan saja sesuai dengan yang tersedia di rumah. Plus karena saya suka pedas, tambahkan cabe rawit. Bukannya saya bilang cabe gendot ga pedas lho, tapi cabe rawit merah kan mantap pedasnya. Untuk resep aslinya, saya tulis juga kok, siapa tahu ada yang mau mencoba sesuai resep. Kalau cara pembuatan sih sama saja.. ....

Tahu Masak Bumbu Kacang
Sumber : Majalah Saji

Bahan
20 buah tahu sumedang (resep asli hanya 5 buah tahu coklat)
7 buah cabe gendot, belah 2 (resep asli hanya 5 buah)
5 siung bawang putih, cincang halus (resep asli 3 siung)
150gr kacang tanah goreng, haluskan (resep asli 100gr)
1sdt garam(resep asli ½ sdt)
½ sdt merica bubuk (resep asli ¼ sdt)
2sdm gula merah (resep asli 1 ½ sdt)
2sdm kecap manis (resep asli 1sdm)
500ml air (resep asli 400ml)
2sdm minyak untuk menumis (resep asli 1sdm)

Tambahan dari saya : 7 buah cabe rawit merah

Cara membuat
Tumis bawang putih dan cabe gendot sampai harum
Masukkan tahu, aduk rata
Masukkan kacang tanah yang sudah di giling, aduk rata
Tambahkan garam, merica bubuk, gula merah dan kecap, aduk rata kembali
Masukkan cabe rawit merah
Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai meresap dan kental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar