Selasa, 15 Desember 2015

Marmer Cake

Assalamualaikum Wr Wb
Bismillaah....


Kembali dengan marmer cake..... gara gara liat postingan di Instagram soal marmer cake, langsung ngibrit ke dapur untuk membuat cake itu. Saya buat marmer cake dengan sistem butter cake, yaitu mentega dan gula di kocok terlebih dahulu, baru masuk telurnya. Untuk resepnya sendiri saya pakai resep marmer cake Pak Yongki Gunawan, sebelumnya sudah pernah saya share sih, cuman nanti saya tulis ulang.

Btw, ketika membuat marmer cake ini ada suatu accident.... jadi pas saya lagi panggang ini cake, saya malah asyik ngobrol sama mami. Baru ngeh, kok ada tercium bau sedikit hangus ya..... waaaaaa cakenya..... (saya pakai oven tangkring). Buru buru menyelamatkan kuenya, dan alhamdulillah sedikit hangus bagian atasnya, hahaha. Atasnya cake ini warna hitem kecoklatan, tapi ketika di makan enak banget kayak kue kering, kriuk kriuk gitu. Mami malah doyan tuh yang gosongnya, hihihi. Sedangkan untuk bagian dalam cakenya sendiri ga masalah, fiiiiufth.....

Pas banget ketika buat cake ini pas lagi hujan. Cucok deh ngemil cantik bertiga (saya-mami-mba yang kerja di rumah), duduk di teras belakang rumah sambil ngerumpi dan melihat hujan, hihihi. Ow iya, karena ini menggunakan mentega dan gula dan telur yang banyak, yah bersiaplah dengan kalorinya, hahahaha.

Marmer Cake
Sumber : Yongki Gunawan (dishare oleh Ci Tannia Wong di FB)

Bahan
6 btr kuning telur
5 btr putih telur, kocok kaku
300gr mentega (saya pakai 150gr mentega anchor, 150gr blueband)
250gr gula halus/gula kastor (saya pakai gulaku kemasan hijau)
225gr terigu protein rendah/kunci biru (saya pakai segitiga biru)
 1/2 sdt vanilli
25gr coklat bubuk
1 sdt pasta coklat blackforest

Cara membuat
Kocok gula dan margarin sampai benar benar halus dan mengembang
Masukkan kuning telur satu persatu, kocok rata
Masukkan ayakan tepung terigu dan vanili, aduk rata
Masukkan putih telur kocok ke dalam adonan, aduk pelan pelan dan rata.
Ambil 150gr adonan (saya 200gr adonan), tambahkan ayakan coklat bubuk dan pasta blackforest
Poles loyang uk 20x20cm dengan margarin dan dialas kertas (saya pakai loyang tulban ukuran 22)
Tuang sebagian adonan putih ke dalam loyang, timpa dengan sebagian adonan coklat, buat bentuk marmer dengan tusuk sate. Tuang sisa adonan putih diatasnya, dan timpa dengan sisa adonan coklat, bentuk marmer secara acak
Panggang cake di atas api 180c sampai matang atau 30 menit
Keluarkan cake dari oven, dinginkan cake lalu potong potong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar